8 Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Mengganggu Dengan Aman

Mengatasi Kipas Laptop Berisik – Anda pasti pernah mengalami kipas dari laptop yang berisik dan bergerak lebih cepat dari biasanya. Jika untuk sementara, suara seperti itu tidak mengganggu saya. Namun, jika kipas laptop berbunyi terus-menerus, tentu akan sangat mengganggu saat Anda menggunakan laptop.

Situasi di mana kipas laptop berisik menunjukkan bahwa laptop Anda tidak berfungsi dengan baik. Tapi jangan khawatir. Pasalnya, Anda bisa mengatasi situasi ini dengan mencari sumber masalah yang menyebabkan kipas berisik ini dan kemudian, setelah itu kita bisa mengatasinya.

Cara mengatasi kipas laptop berisik tidak sulit lho. Anda bisa mengikuti langkah-langkah yang akan disajikan pada artikel ini. Sebelum itu, mari kenali penyebab kipas laptop berisik berikut ini.

1. Periksa Suhu

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik

Meluncurkan Lifehack, Anda dapat mengunduh program yang dapat memantau tingkat panas laptop, seperti RealTemp. Aplikasi dapat melacak suhu prosesor pada laptop tanpa harus membongkarnya.

Selain itu Anda juga dapat memeriksa kinerja perangkat keras dan sistem laptop dengan membuka ‘task manager’. Cara membuka fitur tersebut adalah dengan menekan CTRL + ALT + DEL.

Setelah terbuka, Anda dapat membuka ‘tab kinerja’ untuk melihat sumber daya (prosesor, ram, penyimpanan) yang digunakan laptop. Jika sudah mencapai 100 persen maka Anda membutuhkan perawatan dan upgrade hardware atau software.

2. Defrag

Anda dapat mendefrag laptop untuk mengurangi kecepatan kipas laptop. Defragging adalah semacam ‘pembersihan’ digital dari seluruh sistem pada laptop.

Defragmenting sistem sebulan sekali atau lebih, jika tidak diatur ke otomatis dapat mengambil beban dari laptop dan memberikan refresh untuk HDD atau RAM.

3. Oleskan Pasta Termal

Bagi yang belum tahu, thermal paste sangat penting untuk menjaga dan mendinginkan CPU. Pasta termal “Platinum” seperti Artic Silver 5 dapat menjaga prosesor CPU Anda tetap dingin 0 hingga 20 derajat.

0 hingga 20 derajat dapat membuat perbedaan, terutama ketika laptop digunakan untuk bermain game, merender grafik, menggunakan perangkat lunak seperti Photoshop dan AutoCAD. Tanpa thermal paste, CPU akan menjadi terlalu panas.

Jika terlalu panas, suara kipas akan semakin keras, kinerja laptop akan melambat, dan membuat laptop mulai membeku dan hang.

4. Bongkar Laptop

Debu merupakan salah satu dari alasan kebisingan dan peningkatan kinerja dari kipas laptop. Jadi, Anda wajib membuka beberapa bagian di laptop untuk membersihkan kipas secara langsung.

Setiap laptop memiliki cara dan penempatan kipas yang berbeda-beda. Jadi disarankan untuk mengetahui cara membuka bagian laptop melalui internet. Proses pembersihan juga bisa dilakukan dengan banyak cara, mulai dari menembak angin atau menggunakan kuas

5. Tingkatkan OS

Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Mengganggu Dengan Aman

Menginstal Windows 10 baru daripada peningkatan dari Win 7 atau 8 dikatakan meningkatkan kecepatan laptop. Perubahan secara drastis akan meningkatkan kinerja laptop, kecepatan, dan kebisingan kipas.

Menginstal Windows 10 adalah keputusan yang sangat bijaksana. Karena lebih cepat dari semua OS Windows, misalnya 8, 7, Vista, XP, dan 98.

6. Gunakan SSD

Solid State Drive (SSD) dinilai lebih baik daripada Hard Disk Drive (HDD). SSD diklaim membuat perbedaan besar dalam kecepatan dan kebisingan kipas.

7. Pendingin Laptop

Pendingin laptop adalah solusi untuk mengurangi kinerja kipas. Pendingin akan mengontrol suhu laptop, serta membuat laptop bekerja dengan baik dan stabil untuk penggunaan sehari-hari.

8. Gunakan Perangkat Lunak Kecepatan Kipas

Meluncurkan Windows Report, perangkat lunak ini dapat menjaga kecepatan kipas laptop tetap terkendali. Salah satu perangkat lunak tersebut adalah SpeedFan yang memungkinkan Anda untuk mengatur batas kecepatan kipas.

Driver hardware yang berada di default selalu membuat kipas berputar lebih dari pada yang diharuskan serta itu bisa alasan kebisingan lainnya.

Baca Juga :

Mudah ya? Cara Mengatasi Kipas Laptop Berisik dan Mengganggu Dengan Aman. Semoga bisa menjadi tambahan wawasan bagi Anda.