ROKOS v4, Distro untuk Membangun Bitcoin Node

ROKOS v4Perangkat untuk membangun Bitcoin Node plug-and-play dianggap sangat mahal, paling tidak seperti itulah anggapan dari komunitas Bitcoin. Untuk membangunnya, para Bitcoiner bisa mengeluarkan biaya lebih dari $100 atau 1,3 juta rupiah.

Masalah biaya yang mahal tak hanya membuat galau para pemain bitcoin, tapi juga para teknisi dan developer. Kegalauan tersebut memunculkan ROKOS v4, sistem operasi GNU/Linux berbasis Raspbian yang dilengkapi dengan Bitcoin Node dan OKCash client. ROKOS v4 ditujukan untuk perangkat Raspberry Pi 2, tapi tak menutup kemungkinan ia mampu berjalan di Raspberry Pi generasi pertama.

Yang membuat ROKOS v4 sangat powerful adalah kemampuannya untuk menjalankan Bitcoin Node secara penuh serta adanya OKCash. OKCash merupakan digital currency alternatif berbasis source code Bitcoin, tapi dengan beberapa perubahan. Kedua software tersebut mampu berjalan secara out-of-the-box.

Untuk menjalankan pertama kali, pengguna perlu menyediakan storage eksternal berkapasitas lebih dari 50GB.

Versi selanjutnya, ROKOS v5 akan mendukung tambahan digital currency, update blockchain, serta update keamanan.

Pengguna bisa mengikuti perkembangan ROKOS v4 melalui forum raspberry pi.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...