Solus 1.0 Diluncurkan, Distro dengan Desktop Budgie yang Indah

Solus

Solus (solus-project.com)

Tepat pada tanggal 27 Desember, Solus 1.0 diluncurkan. Dengan nama kode Shannon, sungai terpanjang di Irlandia, Solus 1.0 membutuhkan waktu pengembangan lebih dari delapan bulan. Di awal versi ini ia memiliki 2000 paket serta desktop Budgie yang lebih cantik.

Dengan pertimbangan bahwa prosesor di era ini sudah mendukung 64-bit, Solus hanya menyediakan versi x86_64 saja. Maaf untuk komputer Anda yang terlalu lawas, sehingga tak kan mampu menjalankan Solus.

Solus membawa paket manajer sendiri bernama eopkg (hasil fork paket manajer Pardus Linux: PiSi). Perintahnya mirip dengan aptitude milik Debian, seperti eopkg install nama-paket, eopkg remove nama-paket, eopkg info nama-paket, dan sebagainya.

Solus membawa library multimedia yang lengkap: gstreamer, serta font yang cukup banyak pula. Solus menggunakan goofiboot (hasil fork gummiboot) untuk mengaktifkan UEFI.

Sebagai sistem operasi desktop, Solus 1.0 melengkapi diri dengan nautilus 3.18.4, Firefox 43.0.2, ryhthmbox 3.2.1, vlc 2.2.1, dan thunderbird 38.5.0. Untuk mengunduhnya, Anda bisa mengunjungi situs solus-project.com.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...