Ubuntu Touch Akan Dukung Wi-Fi Display Via Miracast

Ubuntu Phone with MiracastPengembang Ubuntu mulai mengerjakan fitur baru yang mereka sebut sebagai Aethercast. Fitur ini merupakan fitur untuk membangun koneksi dengan protokol Miracast.

Salah satu masalah pada konvergensi Ubuntu, yang baru bisa dipakai di perangkat Nexus 4 adalah penggunaan koneksi MHL sebagai output video. Ubuntu phone lain tidak mengijinkan hal tersebut, cukup menyebalkan, sejak perangkat Nexus dianggap tua dan langka.

Satu cara sederhana untuk mengatasi masalah tersebut adalah menggunakan software, dalam kasus ini Ubuntu phone akan mengimplementasikan layanan Miracast. Miracast merupakan Wi-Fi Display yang mempersilakan perangkat terkoneksi dengan monitor yang mendukung koneksi Wi-Fi. Kemampuan ini biasa disebut “HDMI melalui Wi-Fi”.

Proyek untuk mengembangkan Aethercast bisa ditemukan di Launchpad. Cukup sederhana, Aethercast merupakan solusi untuk mengoneksikan perangkat Ubuntu phone ke display yang mendukung protokol Miracast.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...