Ada Kemungkinan Bahasa Inggris Jadi Bahasa Default IGOS Nusantara

IGOS NusantaraSelama ini, sistem operasi IGOS Nusantara (IGN) berusaha menyajikan antarmuka berbahasa Indonesia, namun di versi selanjutnya ada kemungkinan berganti menjadi bahasa Inggris.

Kemungkinan ini muncul setelah pengembang IGN menyertakan polling untuk dipilih para pengguna IGN dan GNU/Linux dengan topik “bahasa yang dipakai saat pakai IGN, Fedora, Ubuntu, atau Linux lainnya”, pagi hari tadi.

“Sudah 11 versi IGN selalu pakai setting awal Bahasa Indonesia, jika hasil polling ini dominan ke Bahasa Inggris, maka setting awal IGN juga akan diubah (ke bahasa Inggris -red).” Kata Nana Suryana selaku koordinator pengembangan IGOS Nusantara.

Hingga kabar ini ditulis, polling melalui grup Telegram IGN dan grup Facebook IGN dimenangkan oleh pemilih bahasa Inggris.

Walaupun sebenarnya istilah-istilah baru perkomputeran sudah dikover di KBBI IV, tidak bisa dipungkiri, proyek penerjemahan ke bahasa Indonesia (l10n) di beragam perangkat lunak tidak selalu konsisten, salah satunya di IGN ini.

Namun, jika warga Indonesia berniat menjalankan proyek penerjemahan dengan sangat aktif, merujuk Inpres Nomor 2 Tahun 2001[PDF] dan KBBI IV, tidak mustahil bahasa Indonesia bisa “menguasai” perangkat lunak apapun.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Rania El-Amina

    Agak sayang sebenarnya…

    • Gabung aja ke grup Telegram atau FB nya om Rania, siapa tahu bisa usul sesuatu. Hehe

      • Rania El-Amina

        ada tautan telegramnya?