Andy Grover: Rust Cocok Dipakai di Lingkungan Low-Level Linux

RustPengembang kernel Linux, Andy Grover dari Red Hat, menulis tulisan panjang dalam blognya mengenai penggunaan bahasa pemrograman Rust di lingkungan low-level Linux.

Grover percaya Rust “sangat cocok untuk memprogram lingkungan user-space low-level sistem Linux”. Ia juga percaya bahwa menggarap utilitas low-level baru dengan Rust lebih baik daripada dengan bahasa C.

Anggapan yang disampaikan Andy Grover diperkuat dengan poin-poin keunggulan Rust, misalnya Rust mampu menangani proyek yang sangat kompleks dengan tetap mempertahankan penulisan kode yang lebih baik, Rust memiliki sifat strong typed, ekspresif, menjamin keamanan memori, menyediakan pustaka Cargo, dan lain-lain.

Rust dan platform Linux semakin berkembang, Grover berharap keduanya bisa beriringan dan bisa bekerjasama di masa depan.

Tulisan panjang mengenai hal ini bisa Anda baca di blog Andy Grover.

Bahkan tulisan ini juga menarik perhatian Steve Klabnik, salah satu pengembang inti Rust. Ia sedikit membahas dukungan dynamic link di Rust dan kemudahan pemaketan Rust di distro-distro GNU/Linux.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...