Beberapa Fitur Baru di GCC 6

GCCGNU Compiler Collection (GCC) 6 akan dirilis sekitar bulan Maret atau April tahun ini. Salah satu fitur baru yang sangat menarik, GCC 6 membawa pesan error atau warning yang lebih banyak, sehingga tidak akan ada kode-kode kritis yang langsung dikompil tanpa mengeluarkan pesan, pekerjaan pengembang pun akan semakin mudah.

Beberapa pesan warning yang baru di antaranya,

  • Identasi yang menyesatkan. Pesan ini akan keluar saat struktur blok yang ditulis pengembang tidak tepat. Misalnya, peletakkan kode GOTO dan buka/tutup kurawal.

  • Pesan komparasi. Pesan warning akan muncul saat kode membandingkan dirinya sendiri dengan obyek.

  • Percabangan yang ditulis dua kali, misalnya saat pengembang menulis IF-ELSE-IF.

  • Dereferensi NULL, dan lain sebagainya.

Selain pesan error dan warning, GCC 6 juga akan membawa fitur OpenMP 4.5, API untuk mengembangkan kode paralel C, C++, dan Fortran. Dukungan segment register, diagnostic yang lebih kaya, penambahan atribut “target_clones”, penambahan pragma “scalar_storage_order”, dan memperbarui offloading untuk MIC via OpenMP dan GPU NVidia via OpenACC, serta offloading via akselerator HSA.

GCC versi anyar ini memakai standar C++14 dan beberapa fitur eksperimental C++17. Selain itu juga dukungan fungsi matematika khusus (ISO/IEC 29124:2010), dan lain sebagainya.

Penjelasan lengkap fitur-fitur di atas bisa dibaca di tulisan Jeff Law.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...