7 Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop Paling Secara Mudah

Cara aman membersihkan keyboard laptop dengan benar ternyata cukup penting untuk Anda perhatikan. Sebab, jika cara membersihkan keyboard laptop tidak dilakukan dengan benar, dikhawatirkan akan menimbulkan kerusakan yang tidak diinginkan.

Dan jika sudah terjadi kerusakan pada keyboard laptop akan membuat anda harus mengeluarkan biaya yang tidak sedikit untuk memperbaikinya.

Keyboard memiliki fungsi memasukkan berbagai perintah ke dalam CPU, sehingga Anda dapat melihat hasilnya di monitor.

Misalnya seperti pada pengolah kata, dimana Anda melakukan aktivitas mengetik. Jika keyboard sudah mulai kotor, maka aktivitas mengetik Anda bisa sangat terganggu, bahkan tombol yang paling parah di keyboard tidak bisa diketik atau macet.

Banyak faktor yang menyebabkan keyboard laptop macet. Hal ini bisa disebabkan oleh kotoran yang masuk ke celah-celah tombol keyboard, hingga usia keyboard yang sudah terlalu tua dan tidak lagi berfungsi dengan baik.

Namun, selama perawatan dan pembersihan keyboard laptop dilakukan dengan benar, masa pakai keyboard Anda bisa lebih lama.

Mungkin Anda cukup takut untuk mempraktekkan cara membersihkan keyboard laptop sendiri. Sebenarnya cara membersihkan keyboard laptop cukup mudah dilakukan, yang terpenting semua peralatan untuk membersihkan keyboard sudah tersedia, sehingga dapat mempermudah pekerjaan Anda.

Nah, karena cara membersihkan keyboard laptop sebenarnya cukup mudah, Anda pasti bertanya-tanya seperti apa cara membersihkan keyboard laptop yang benar dan mudah? Di bawah ini kami telah merangkum informasi tentang cara membersihkan keyboard laptop.

1. Matikan laptop dulu

Membersihkan Keyboard Laptop

Sebelum Anda mulai membersihkan keyboard laptop, Anda harus mematikan laptop terlebih dahulu agar tidak terjadi korsleting saat Anda menekan keyboard. Jangan lupa untuk mematikan laptop, karena ini sangat penting untuk keselamatan Anda.

2. Posisikan laptop terbalik

Karena bagian samping laptop Anda agak sulit dibersihkan dari kotoran yang tersembunyi, untuk memudahkan Anda menghilangkan kotoran tersebut adalah dengan memposisikan laptop Anda terbalik. Dengan begitu, kotoran dari keyboard laptop Anda akan mudah berjatuhan.

3. Tekan keyboard laptop seperti sedang mengetik

Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop

Usahakan dengan posisi terbalik, agar kotoran lebih mudah keluar tekan keyboard laptop seperti sedang mengetik. Dengan begitu, Anda akan membantu kotoran atau debu di antara keyboard Anda lebih mudah keluar.

4. Gunakan kuas make-up

Setelah memposisikan laptop terbalik, Anda juga dapat mencoba membersihkan sisa-sisa debu di antara keyboard laptop menggunakan sikat lembut. Salah satu kuas yang direkomendasikan adalah kuas make up yang sudah tidak terpakai. Gunakan sikat untuk menyapu debu yang menyelinap di antara keyboard Anda.

5. Vakum dengan penyedot debu

Tentunya alat yang satu ini berbeda dengan peralatan lainnya. Coba cari penyedot debu kecil yang bisa menjangkau sudut-sudut keyboard Anda. Usahakan juga menggunakan penyedot debu bertekanan rendah agar tidak mengganggu fungsi keyboard laptop Anda.

6. Gunakan pengering rambut

Sebelum membersihkan keyboard laptop menggunakan hair dryer, pastikan terlebih dahulu Anda telah membersihkan keyboard laptop dengan cukup bersih agar dorongan dari hair dryer tidak justru membuat kotoran semakin dalam.

7. Cabut keyboard laptop

Yang terakhir ini tidak disarankan bagi Anda yang belum berpengalaman. Cara ini memang paling efektif namun juga memiliki resiko yang tinggi, bisa membuat keyboard anda tidak berfungsi atau bahkan menjadi error.

Jadi, sebelum Anda mengambil keyboard laptop Anda sendiri, pastikan Anda sudah browsing terlebih dahulu dengan mencari video di YouTube atau bahkan bertanya kepada teman yang ahli komputer.

Sehingga jika ada kesalahan bisa segera diperbaiki. Jika Anda mahir, maka Anda bisa mempraktikkannya sendiri.

Baca Juga :

Seberapa mudah Cara Aman Membersihkan Keyboard Laptop? Usahakan melakukannya secara rutin untuk menghindari salah satu bagian keyboard mati.

Cara ini juga bisa membuat laptop atau keyboard Anda lebih awet, apalagi jika Anda menggunakannya setiap hari dalam waktu yang lama. Jadi tidak ada salahnya menjadwalkan pembersihan laptop setiap bulan.