Canonical Jadi Patron KDE e.V.

Bagi perusahaan atau organisasi di balik proyek perangkat lunak bebas/merdeka, kerjasama merupakan hal yang sangat penting. Kerjasama bisa berbentuk sokongan dana, pengembangan teknologi bersama, maupun keduanya sekaligus. Seperti yang belum lama ini, GNOME, KDE e.V., Canonical, dan FSFE yang bekerjasama dengan The Document Foundation sebagai Dewan Penasehat (Advisory Board) LibreOffice.

Kabar terbaru ini, Canonical resmi bekerjasama dengan KDE e.V. sebagai patron — penyokong tetap proyek KDE e.V.

KDE Patron

Daftar patron KDE e.V. (ev.kde.org)


Menurut Michael Hall, Manajer Komunitas Ubuntu, sejak lama mereka menyediakan proyek KDE di proyek-proyek Ubuntu, termasuk Kubuntu. Kini, saatnya mereka menjadi patron resmi KDE e.V. dan menjamin ketersediaan teknologi KDE untuk pengguna Ubuntu dan Kubuntu. Pihak Canonical juga akan membantu pembuatan paket Snap KDE Applications dan KDE Frameworks, saling berbagi pengetahuan, kode Qt, pemaketan Qt, pengembangan QML, dsb.

“Kami sangat percaya diri bahwa kolaborasi ini membawa keuntungan yang besar untuk komunitas dan ekosistem GNU/Linux.” Ujar Aleix Pol Gonzales, Wakil Presiden KDE e.V.

Canonical akan jadi patron KDE e.V. kelima setelah Qt Company, SuSE, Google, dan Blue Systems.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...