10 Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD PC / Laptop Secara Aman

Menghilangkan Jamur di Monitor – LCD atau Liquid Crystal Display adalah jenis layar monitor yang menggunakan kristal cair sebagai media refleksinya. Saat ini, monitor seperti TV, laptop, kamera, dan ponsel banyak menggunakan layar LCD.

LCD lebih hemat daya. Itu sebabnya monitor jenis ini dipilih sebagai tampilan layar suatu perangkat. Selain kelebihan LCD, layar kristal ini masih harus dirawat agar tidak berjamur.

Ketika layar LCD terkena jamur maka akan muncul. Layar akan terlihat kusam dan mengaburkan pandangan kita terhadap suatu program atau operasi.

Umumnya jamur penyebab layar kotor muncul karena debu yang masuk dan menempel pada layar. Faktor lain yang menyebabkan layar menjadi kotor karena jamur adalah kelembaban.

Layar yang berjamur dan kotor juga bisa disebabkan oleh serangga mati yang terperangkap di celah-celah layar monitor. Hati-hati karena faktor-faktor yang dijelaskan di atas dapat mengundang tumbuhnya jamur pada layar monitor.

1. Cara Membersihkan Layar Monitor Komputer

Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD

Untuk membersihkan layar di komputer sedikit berbeda dengan layar di laptop. pada komputer, layar monitor dapat dilepas secara terpisah dari CPU atau komponen lainnya. Untuk bisa membersihkan layar komputer, berikut langkah-langkahnya.

  • Matikan komputer dan lepaskan kabel yang menghubungkan layar monitor ke listrik.
  • Setelah itu, cabut kabel penghubung LCD ke CPU. Hal ini untuk memudahkan pembersihan. LCD.
  • Langkah selanjutnya siapkan kain microfiber atau kain dengan tekstur lembut seperti kain untuk kacamata. Bersihkan layar monitor terlebih dahulu untuk menghilangkan debu terlebih dahulu.
  • Jika sudah, Anda bisa merasakan apakah jamur tersebut menempel di luar layar atau di dalam layar. Jika cetakan berada tepat di luar kasa, akan lebih mudah dibersihkan daripada membersihkan bagian dalam.
  • Jika jamur berada di luar layar, siapkan kain lalu basahi dengan cairan khusus untuk membersihkan layar monitor LCD.
  • Setelah itu, bersihkan layar dengan cara memutarnya searah jarum jam. Perlu diperhatikan bahwa jangan terlalu menekan layar monitor. Pasalnya, layar monitor cukup sensitif. Oleh karena itu, jika jamur masih belum hilang, gosok saja secara perlahan. Meski cukup memakan waktu, namun efektif agar layar monitor tidak mudah rusak.
  • Setelah jamur menghilang dari layar monitor, langkah selanjutnya adalah meninggalkan monitor agar dapat mengering dengan sendirinya.
  • Jika layar sudah kering, kembalikan layar ke posisi semula. Sambungkan juga kabel monitor ke CPU.

2. Cara Membersihkan Layar Monitor Laptop

Menghilangkan Jamur di Monitor LCD PC
  • Jika laptop sedang digunakan, matikan terlebih dahulu. Jika laptop terhubung ke colokan listrik, cabut dulu dari catu daya. Pastikan laptop benar-benar dicabut.
  • Jika laptop tidak lagi tersambung ke listrik, maka perhatikan baik-baik area mana saja yang terkena jamur.
  • Jika sudah menemukan titik jamurnya, langkah selanjutnya adalah menyiapkan beberapa alat yang akan digunakan. Mulai dari air bersih, kain microfiber, dan juga cairan khusus untuk membersihkan layar monitor.
  • Jika tools sudah ada, maka langkah selanjutnya adalah memulai pekerjaan membersihkan layar. Basahi kain microfiber dengan cairan khusus untuk membersihkan layar monitor. Biarkan kain terasa sedikit lembab.
  • Setelah itu, usap perlahan kain pada bagian screen tempat jamur tumbuh. Ingatlah untuk tidak menekan terlalu keras agar jamurnya hilang. Karena menekan terlalu keras akan merusak layar. Akibatnya, layar akan sulit diperbaiki atau bahkan harus diganti. .
  • Perhatikan juga gerakan saat membersihkan layar, lebih baik menggunakan hanya memutar dari pada menggesek dari kiri-kanan, atas-bawah atau sebaliknya.
  • Jika kain microfiber mulai mengering, maka langkah selanjutnya adalah menyemprotkan kembali cairan pembersih layar kain microfiber dan lakukan pembersihan pada layar kembali secara perlahan.
  • Untuk bagian pinggirnya, kamu bisa menggunakan cotton bud untuk membersihkannya. Ambil kapas dan semprotkan menggunakan pembersih layar monitor.
  • Saat pembersihan selesai, tunggu hingga layar monitor benar-benar kering. Meski agak kering, kamu tetap harus memastikan layarnya benar-benar kering.
  • Jika layar benar-benar kering, Anda dapat menggunakan laptop kembali.

Baca Juga :

Itulah Cara Menghilangkan Jamur di Monitor LCD yang bisa anda lakukan dengan mudah. Pada dasarnya monitor merupakan komponen yang sangat penting bagi komputer. Oleh karena itu, kebersihan layar LCD harus dijaga.

Gunakan cairan pembersih khusus yang terbuat dari campuran air dan isopropil alkohol. Ini sangat membantu proses pembersihan menjadi lebih cepat. Jangan gunakan sabun dan deterjen untuk membersihkan karena amonia dan bahan kimia lain yang terkandung di dalamnya akan merusak lapisan anti-cahaya dan meninggalkan noda pada layar.