ExTiX Build 161119 Diluncurkan untuk Komputer Mini Intel Compute Stick

ExTiX

ExTix 16.5 dengan LXQt (sourceforge.net/projects/extix/)

Pengembang GNU/Linux, Arne Exton, meluncurkan distro ExTiX Build 161119. ExTiX adalah distro yang dibangun dengan sistem basis Debian/Ubuntu. Untuk menggunakannya, pengguna tidak perlu menyediakan komputer bersepesifikasi tinggi.

Versi baru distro ini hadir dengan desktop environment LXQt 0.10.0 serta kernel Linux 4.8, kernel stabil paling baru yang dirilis oleh pengembang kernel. Yang menarik dari versi ini adalah dukungan komputer mini Intel Compute Stick.

Pengumuman dukungan untuk Intel Compute Stick ini disampaikan oleh Exton.

“Saya telah membuat versi baru ExTix – The Ultimate Linux System. Saya menyebutnya dengan ExTiX 16.5 LXQt untuk Intel Compute Stick. Build 161119 hanya ditujukan untuk Intel Compute Sticks. Misalnya, Anda bisa menjalankan sistem ini di komputer lain,” ungkap Exton. “Build 161119 menggunakan kernel ‘saya’ 4.8.0-26-exton-IntelAtom dengan patch-patch khusus.”

Versi Build 161119 dibangun dengan basis Debian 9 “Stretch” dan Ubuntu 16.10 “Yakkety Yak”. Beberapa paket aplikasi untuk pengguna kasual disediakan di sini seperti peramban web Google Chrome, LibreOffice, Thunderbird, pengolah partisi GParted, media player SMPlayer, GCC, dan lainnya. Ia juga membawa BlueGriffon, editor web WYSIWYG, untuk para pengembang web.

Anda bisa mengunjungi tautan ini untuk mendapatkan ExTiX untuk Intel Compute Stick.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...