Gentoo Rilis LiveDVD “Choice Edition”, Bawa Kernel dan Paket-paket Baru

gentoo linuxSetiap bulan ArchLinux pasti merilis berkas ISO baru yang berisi pembaruan selama satu bulan sebelumnya. Berkas ISO ini tidak ditujukan untuk pengguna yang sudah memiliki sistem ArchLinux di komputernya, tapi untuk pengguna yang ingin menginstal ArchLinux di perangkat komputer lain.

Nah, mirip seperti itu, Gentoo juga menyediakan berkas ISO (walau tidak dirilis secara rutin). Bedanya, ia bukan berkas instalasi tapi LiveDVD yang bisa dicoba pengguna sebelum menginstal Gentoo secara manual.

Peluncuran LiveDVD Gentoo terbaru, versi 20160514, membawa kernel Linux 4.5, X.Org Server 1.18.3, Firefox 45.0, KDE Plasma 5.6.2, GIMP 2.9.2, LibreOffice 5.1, dan paket-paket baru lain. Selain itu, LiveDVD yang diberi nama kode “Choice Edition” ini juga mendukung ZFS on Linux, sistem berkas writable menggunakan AuFS, dan dukungan UEFI.

Anda bisa mengunduh LiveDVD ini di laman gentoo.org.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...