KDE Neon Kanal Unstable Akan Pakai Wayland Sebagai Display Server Default

KDE NeonMakin banyak distro GNU/Linux yang memakai Wayland sebagai display server default. Selain Fedora 25 Workstation dengan GNOME yang akan dirilis pertengahan tahun 2017 nanti, KDE Neon juga berencana mengganti Xorg dengan display server baru, Wayland.

Perkembangan terbaru ini, KDE Neon kanal unstable akan segera menggunakan Wayland.

“Selama Akademy tahun ini kami berdiskusi tentang Wayland, dan tim Plasma serta Neon memutuskan untuk mengalihkan edisi Neon developer unstable ke Wayland secara default nanti.” Tutur Martin Gräßlin.

Demi implementasi display server ini, dua tim pengembang dari Plasma dan Neon sama-sama menunggu pembaruan Xwayland di Neon serta menunggu peluncuran Plasma 5.8, QtWayland 5.7, dan lainnya.

Bila lancar, KDE Plasma 5.8 final akan dirilis sekitar awal Oktober 2016, sehingga Anda perlu bersabar beberapa bulan lagi jika ingin mencoba KDE Neon kanal unstable/developer dengan display server Wayland ini. 😉

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...