KNOPPIX 7.7.1 Dirilis, Mulai Dukung UEFI dan Secure Boot

KNOPPIXSalah satu distro favorit sebagai distro live yang hadir sejak tahun 2000, KNOPPIX, baru saja meluncurkan versi baru, 7.7.1. Distro ini dibangun berbasiskan Debian stable, Debian testing, dan Debian unstable (sid) yang menyediakan paket-paket perangkat lunak dan driver grafis baru untuk desktop.

KNOPPIX 7.7.1 hadir dengan kernel Linux 4.7.9, kernel yang sudah menutup kerentanan Dirty COW, dan pembaruan paket Xorg 1.18.1. Serta menyediakan patchpatch untuk meningkatkan kinerja dan fungsionalitas kernel, seperti patch cloop, BFQ, TCP Stealth, dan aufs.

Distro ini juga membawa compiz 0.9.12.2 sebagai window manager 3D, desktop environment LXDE, KDE 5.7.4, GNOME 3.22, serta perkakas Wine 1.9.20 yang membawa perbaikan pada API clipboard dan WebServices.

Pembaruan lain juga ada di perkakas virtualisasi qemu-kvm 2.6, mpsyt sebagai klien Youtube, Orca 3.20.2, dan electrum 2.64 untuk mengelola Bitcoin.

Dukungan UEFI dan Secure Boot

KNOPPIX 7.7.1 pun mulai menerapkan UEFI dan Secure Boot sebagai dukungan eksperimental, di saat sang induk — Debian — sedang mematangkan teknik penerapannya. Untuk melakukannya, KNOPPIX memanfaatkan PreLoader.efi dan HashTool.efi yang disediakan Linux Foundation dari Microsoft, alih-alih menggunakan shim.

Untuk mengunduh KNOPPIX 7.7.1, Anda bisa mengunjungi tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...