Membaca Dokumentasi Pemerograman Offline dengan Zeal

Menjadi seorang programmer kebutuhan akan membaca adalah hal yang mutlak dilakukan. Bagaimana tidak, kita tak akan mungkin bisa menguasai suatu bahasa pemrograman jika kita sendiri malas untuk membaca dokumentasi.

Ada banyak buku pemrograman yang kita bisa lihat di toko buku ataupun perpustakaan, namun sayangnya kebanyakan buku tersebut kurang up-to-date, umumnya dokumentasi terbaru itu ada dalam bentuk website, contohnya dokumentasi Laravel, yang tentu saja kita membutuhkan akses internet untuk mengakses situs tersebut.

Bagi Anda yang memiliki akses internet tanpa batas (unlimited) hal tersebut menjadi tidak masalah, lain hal bagi mereka yang kesulitan untuk hal internet, mereka butuh yang serba offline. Oleh karena itu kini hadir Zeal menjawab kebutuhan Anda.

Zeal adalah aplikasi peramban dokumentasi bahasa pemrograman komputer secara luring (offline) yang terinspirasi dari Dash (di MacOS).

zeal-kabarlinux

Salah satu keunggulan Zeal:

  1. Dokumentasi ter-update.
  2. Sangat cocok bagi Anda yang membutuhkan dokumentasi luring (offline).
  3. Terdapat lebih dari 190 dokumentasi yang bisa Anda unduh.
  4. Terintegrasi dengan IDEA, Sublime Text, ViM, atau IDE kesukaan Anda dengan cara via plugins.
  5. Sumber terbuka (open source), sehingga Anda bisa berkontribusi.

Cara Memasang Zeal

Kabar baiknya Zael telah masuk dibeberapa repository distro Linux mainstream atau yang paling banyak digunakan, saya contohkan satu saja instalasinya yakni untuk pengguna Ubuntu atau Debian.

sudo apt-get install zeal

Untuk distro Linux atau OS lainnya bisa lihat pada tautan di bawah ini:
https://zealdocs.org/download.html

Cara Menggunakan Zeal

Sebetulnya cara menggunakan Zeal sangatlah mudah yakni, yang Anda perlukan hanyalah koneksi internet untuk mengunduh beberapa dokumentasi yang Anda perlukan dari menu Edit -> Preferences -> DocSets.

Untuk lebih jelasnya simak video di bawah ini:

Jika sudah diunduh Anda sudah bisa membaca dokumentasi tersebut secara luring (offline), langkah terakhir yang Anda perlukan adalah memperbaharui (update) dokumentasi tersebut dengan mengklik refresh.

Jika dokumentasi sudah diunduh Anda bisa melakukan pencarian dengan mudah seperti video berikut:

Menarik bukan? Semoga bermanfaat.?

NB: Artikel ini merupakan artikel yang distribuksikan ulang secara langsung oleh admin situsali.com dengan beberapa suntingan menyesuaikan situs ini.

Ali

Perkenalkan nama saya Ali, seorang blogger sekaligus programmer meskipun amatiran. Pengguna dan antusias terhadap GNU/Linux terutama distro Archlinux, sehari-hari bekerja dengan GNU/Linux, Windows (hanya di kantor), pecinta FLOSS (Free/Libre Open Source Software) dan penikmat kopi.

You may also like...