Mengenal setxkbmap, Cara Ubah Layout Keyboard Via Command Line

SetxkbmapAda banyak layout keyboard, seperti QWERTY (standar dunia), AZERTY, Dvorak, Colemak, Workman, dan lainnya. Setiap orang memiliki preferensi sendiri, mereka boleh menggunakan dan mengganti layout, dengan cara apapun.

Cara apapun? Ya, pengguna sistem operasi GNU/Linux bisa mengubah layout keyboard dengan GUI maupun CLI. Bila memakai GUI, letak menu tergantung dengan desktop environment yang dipakai, tapi dengan CLI, satu tool bisa dipakai di distro Linux apapun (kecuali yang sudah memakai Wayland secara penuh).

Mengenal setxkbmap

setxkbmap merupakan tool untuk mengelola keyboard. Tool ini memanfaatkan ekstensi X Keyboard (XKB) sebagai back-endnya.

setxkbmap memiliki banyak opsi:

1. -compat

Opsi ini dipakai untuk mengatur beragam aksi dengan komponen compat yang telah disediakan XKB. Secara default, -compat sudah memiliki nilai complete. Salah satu contoh fungsi -compat adalah untuk menghidupkan lampu LED ketika tombol tertentu ditekan (seperti tombol Caps Lock, tombol aktivasi Wi-Fi, dsb).

2. -config

Opsi -config dipakai untuk memuat berkas konfigurasi XKB dan menjalankan X11 sesuai dengan berkas tersebut. Tanpa memakai opsi ini, X11 akan memakai berkas di /usr/share/X11/xkb/.

3. -device

Opsi ini dipakai untuk menentukan device mana yang perlu diupdate dengan konfigurasi baru. -device bernilai ID dari perangkat input. ID tersebut bisa dilihat dengan perintah xinput.

4. -display

Opsi -display ini dipakai untuk menentukan tampilan mana yang akan diupdate dengan setxkbmap. Secara default, -display merujuk ke IP lokal, 127.0.0.1:0.0, atau disingkat :0.0 saja.

5. -geometry

-geometry dipakai untuk menentukan konfigurasi keyboard berdasarkan nama perangkat. Berkas-geometry biasanya bisa ditemukan di /usr/share/X11/xkb/geometry/. Contoh nilai -geometry adalah pc101, pc102, pc103, dst.

6. -I

Opsi -I yang disusul dengan alamat direktori, dipakai untuk menentukan lokasi berkas konfigurasi dan rules kustom. Contoh, -I /ini/direktori/konfigurasi/.

7. -keycodes

Opsi ini dipakai untuk menentukan layout berdasarkan nama keycodes. Direktori keycodes bisa ditemukan di /usr/share/X11/xkb/keycodes/.

8. -keymap

Seperti -keycodes, hanya saja penentuan layout berdasarkan nama keymap.

9. -layout

-layout merupakan opsi untuk menentukan layout keyboard, seperti us (Amerika Serikat), ru (Rusia), uk (United Kingdom–Inggris), dsb. Opsi ini merupakan opsi default yang aktif saat perintah setxkbmap dijalankan.

10. -model

Opsi ini digunakan untuk menentukan model keyboard. Daftar model bisa ditemukan di /usr/share/X11/xkb/rules/base.lst

11. -option

Opsi -option dipakai untuk menambah atau mengganti fungsi tombol. Misalnya, -option 'ctrl:nocaps', yang mengganti fungsi tombol Caps Lock menjadi tombol Control. Kumpulan opsi bisa ditemukan di /usr/share/X11/xkb/rules/base.lst.

12. -print

Opsi ini untuk melihat konfigurasi keyboard yang Anda gunakan dengan format xkbcomp.

13. -query

Opsi ini untuk melihat rules, model, layout, variant, options yang dipakai.

14. -rules

Opsi -rules dipakai untuk memilih berkas rules. Bila opsi ini tidak digunakan, X11 akan menggunakan rules evdev yang ada di /usr/share/X11/xkb/rules/.

15. -symbols

Opsi ini digunakan untuk menambah atau mengganti simbol tombol. Simbol tombol yang dimaksud seperti <INS> untuk tombol insert, <ALT> untuk tombol Alt_L (ALT left), dsb.

16. -synch

Secara default, segala request yang diminta X bersifat asynchronous, dengan opsi ini, Anda bisa mengubah sifat tersebut menjadi synchronous.

17. -types

Opsi ini dipakai untuk mengatur konfigurasi keyboard berdasarkan nama tipe. Daftar tipe bisa dilihat di /usr/share/X11/xkb/types/.

18. -variant

Opsi -variant digunakan untuk mengatur layout keyboard, seperti QWERTY (ini defaultnya), Dvorak, dsb. Contoh, -variant dvorak.

Contoh penggunaan

Anda tidak perlu bingung dengan beragam opsi yang disediakan oleh setxkbmap. Anda hanya perlu menggunakan -layout dan -variant untuk kegiatan sehari-hari. Segala rules, symbols, types, keymaps, dan keycodes sudah disediakan oleh pengembang X11.

Contoh:

Untuk mengubah layout keyboard menjadi Dvorak, gunakan perintah:

$ setxkbmap -layout us -variant dvorak

atau bisa disederhanakan dengan,

$ setxkbmap us -variant dvorak

Untuk mengembalikan ke QWERTY cukup jalankan,

$ setxkbmap us

Perintah di atas hanya berjalan sementara, setiap komputer direboot, layout keyboard akan kembali ke default: QWERTY. Supaya permanen, Anda bisa menaruh perintah di atas di autorun atau membuat berkas konfigurasi di /etc/X11/xorg.conf.d/xorg.conf, dengan isi:

Section "InputClass"
  Identifier  "keyboard-all"
  Driver    "evdev"
  Option    "XkbLayout" "us"
  Option    "XkbRules" "xorg"
  Option    "XkbVariant" "dvorak"
  MatchIsKeyboard "on"
EndSection

Sederhana bukan? 🙂

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...