Pengembang Akan Sediakan IGOS Nusantara Edisi SDE, Selusin Desktop Environment

IGOS NusantaraIGOS Nusantara (IGN) 2016 merupakan versi terbaru yang sedang dikembangkan oleh para pengembang. Versi Beta nya pun sudah bisa diunduh oleh pengguna yang ingin segera mencicipi dan ingin ikut melaporkan bugbug yang muncul.

IGN 2016 ini sangat unik karena ia merupakan edisi spesial satu dekade IGN. Tidak berhenti di penggunaan “2016” sebagai versinya, edisi spesial ini juga dibuktikan dengan “dihapusnya” IGN XDE (Sepuluh Desktop Environment) dan akan diganti dengan IGN SDE (Selusin Desktop Environment).

IGN SDE akan menjadi penanda rilis IGOS Nusantara ke 12 sejak satu dekade yang lalu.

“Terkait IGN2016 yang merupakan rilis dua belas, maka untuk build selanjutnya akan tersedia varian/jenis yang berisi 12 jenis tampilan desktop (environment).” Kata Nana Suryana. “Varian ini akan diberi nama IGN 2016 SDE (32bit dan 64bit). SDE = Selusin Desktop Environment.”

Selain kabar mengenai IGN SDE, untuk pengguna awal IGN 2016, pengembang sudah menyediakan paket kernel Linux 4.7.0 dan desktop Budgie.

Belum ada keterangan resmi kapan waktu peluncuran IGN 2016, namun dilihat dari penamaan versi, IGN 2016 final akan dirilis sekitar bulan ini hingga akhir tahun nanti.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...