Pengembang Sibuk Diskusikan Sistem Display Mir Versi 1

Mir

Diskusi Mir Versi 1

Sekarang, pengembang Ubuntu sedang sibuk membahas rencana peluncuran sistem display Mir Versi 1. Beberapa poin penting yang dikejar oleh pengembang untuk menuju Mir Versi 1 termasuk penyediaan ABI stabil dan lisensi yang pantas.

Empat komponen downstream yang menjadi alasan pengembang untuk segera menstabilkan ABI adalah Mir client (toolkit), Mir server (compositor dan shell), Mir graphic platform, serta Mir input platform. Selain kestabilan ABI, keempat komponen tersebut juga harus mendapatkan lisensi yang layak.

Usaha untuk merilis Mir Versi 1 tak hanya di situ saja, pengembang juga harus ikut nimbrung di proyek Mesa, karena percuma juga kalau mereka sudah mendukung Mesa namun hanya sebagai downstream bukan upstream. Tapi, mereka perlu bersabar karena sepertinya Mesa lebih tertarik mendukung Wayland dibandingkan sistem displayin-house” Ubuntu ini.

“Ubuntu sekarang membawa patch Mesa untuk mendukung Mir. Kegagalan untuk dukungan upstream ini membatasi kegunaan Mir di distro lain dan untuk setiap proyek yang mungkin tidak ingin berkomitmen dengan Ubuntu.” Tulis pengembang.

Mereka pun mengejar dukungan Vulkan, tapi saat ini butuh kerja ekstra keras untuk melakukannya.

Anda tertarik dengan diskusi mengenai Mir Versi 1? Anda bisa mengikutinya via Google Docs di tautan ini secara real time.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...