Perkakas Sandbox Aplikasi Firejail 0.9.42 Hadir, Dukung AppImage dan Snap

FirejailDi dunia GNU/Linux, ada satu proyek yang cukup populer yang menyediakan fitur sandbox aplikasi, yaitu Firejail. Untuk melakukan sandboxing, Firejail memanfaatkan namespace Linux dan seccomp-bpf.

“Ia mengijinkan sebuah proses atau turunannya untuk memiliki sumber daya kernel bersama secara global sendiri, seperti stack network, tabel proses, dan tabel mount.” Ujar pengembang.

Kali ini, pengembang baru saja merilis Firejail 0.9.42, yang membawa beberapa fitur dan dukungan baru. Termasuk dukungan AppArmor secara default bila pengguna menjalankan Firejail dengan opsi “–apparmor”. Opsi ini akan meniadakan profil yang disediakan distro dan langsung menggunakan profil yang disediakan oleh Firejail.

Selain itu, Firejail 0.9.42 juga mendukung AppImage, fitur audit dengan opsi “–audit” untuk memeriksa program sebelum dijalankan, dan dukungan Snap yang memanfaatkan profil “snap.profile”. Untuk saat ini, Firejail belum mendukung kompetitor Snap, Flatpak, karena Flatpak masih di fase heavy development dan masih buruk dalam hal keamanan (seperti kemampuan mengekspos berkas konfigurasi .ssh dan .gnupg).

Fitur 0.9.42 juga membawa profil-profil keamanan baru, di antaranya Gitter, gThumb, mpv, cpio, Franz messenger, LibreOfice, file, unrar, DOSBox, dan lain sebagainya.

Pengguna bisa mengunduh Firejail versi terbaru di tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...