Setelah Dua Tahun Pengembangan, GoboLinux 016 Diluncurkan

GoboLinux

GoboLinux 016 (gobolinux.org)

Beberapa hari yang lalu, pengembang GoboLinux, Lucas Correia Villa Real, meluncurkan distro GNU/Linux GoboLinux 016. Versi baru ini hadir dua tahun sejak versi terakhirnya dirilis.

GoboLinux adalah distro GNU/Linux yang sama sekali tidak mirip Unix karena ia tidak menggunakan FHS (Filesystem Hierarchy Standard) yang biasa kita temukan di sistem operasi BSD maupun GNU/Linux.

GoboLinux 016 hadir dengan Runner, perkakas virtualisasi yang disesuaikan dengan hirarki sistem berkas distro ini. Runner akan mengelola proses yang ada di /System/Index berdasarkan berkas Dependencies program yang berjalan.

“Sejak hari pertama (diluncurkan), GoboLinux mendukung program lebih dari satu versi terinstal dalam waktu bersamaan, tetapi ketika dua versi program mengalami konflik, Anda harus memilih versi mana yang perlu diaktifkan secara default di sistem,” ujar pengembang melalui catatan rilis.

Dengan Runner, masalah konflik ini bakal teratasi.

Selain itu, GoboLinux 016 juga membawa GoboNet, perkakas pengelola network. Menurut pengembang, perkakas ini lebih sederhana daripada wicd maupun NetworkManager. Ia berjalan tanpa perlu menggunakan DBus dan daemon, ia hanya menggunakan dhcpcd untuk menangani DHCP, perkakas penelola password WiFi wpa_supplicant, serta API command-line yang bisa dipakai dengan mudah.

Sedangkan untuk desktopnya, GoboLinux 016 menggunakan window manager Awesome dengan beberapa widget-widget penting seperti widget GoboNet, baterai, serta widget audio.

Bagi Anda yang ingin menginstal GoboLinux 016 dapat mengunduh berkas ISOnya di laman unduh GoboLinux.org.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...