Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Pada Hp Android & Kartu Sim

kabarlinux.web.id – Terkadang masih ada masalah terkait ponsel android, salah satunya. dari masalah sepele yang sering dialami oleh pengguna ponsel Android adalah masalah koneksi atau kode MMI tidak valid pada ponsel Android.

Masalah-masalah ini biasanya muncul ketika pengguna mencoba untuk mendapatkan informasi tertentu menggunakan kode khusus yang disediakan oleh penyedia layanan kartu, seperti cek kredit, cek kuota, daftar paket internet dan informasi lainnya.

Masalah muncul di hampir setiap merek ponsel, baik itu Asus, Lenovo , Xiaomi, samsung dan merek ponsel lainnya. Mengenai karu, kita tahu bahwa saat ini terdapat banyak layanan kartu seperti XL, Telkomsel, IM3, Indosat, Simpati, Mentari, Axis dan layanan kartu lainnya.

Ponsel Android kini dapat menjadi salah satu perangkat smartphone yang paling banyak digunakan, selain itu penyedia layanan kartu juga bermunculan dari hari ke hari dengan menawarkan teknologi dan promo terbaik.

setiap layanan kartu biasanya menyediakan kode khusus yang dapat digunakan untuk memperoleh informasi tertentu. Misalnya, untuk mengecek kredit pulsa, mengetahui nomor ponsel Anda sendiri, mengecek kuata, top up dan layanan lainnya.

Biasanya setiap layanan tertentu memiliki kode khusus yang berbeda satu sama lain, penggunaan kode sangat mudah, biasanya menggunakan fasilitas tombol telepon, jadi sama seperti kita ingin melakukan panggilan tetapi menggunakan kode khusus.

Jika berjalan dengan baik dan kode yang dimasukkan benar, maka informasi akan muncul dan kita dapat melihat, tetapi sayangnya, penggunaan kode kartu khusus sering tidak berhasil, sehingga informasi hanya muncul seperti masalah koneksi atau kode MMI yang tidak valid pada sebuah telepon Android.

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid

Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Pada Hp Android & Kartu Sim

1. Gunakan Mode Pesawat

Untuk mengatasi kode MMI yang tidak valid, Anda dapat mencoba menggunakan mode pesawat untuk mengatasinya. Anda dapat mencoba menghidupkan dan mematikan mode pesawat lagi di ponsel Anda, sehingga jaringan pada ponsel akan menyegarkan.

Untuk mempraktikkan metode ini sebenarnya sangat mudah, Anda cukup menyalakan mode pesawat dan menunggu beberapa menit. Setelah itu, matikan mode pesawat dan coba gunakan ponsel untuk memeriksa pulsa.

2. Pastikan Kode USSD / UMB benar

Pastikan kode yang ingin Anda akses benar. Karena sering masalah ini terjadi karena kode USSD salah. Bisa jadi kode telah kedaluwarsa atau telah kedaluwarsa.

3. Atasi Kode MMI Tidak Valid Dengan Mulai ulang Ponsel

Inti dari metode ini hampir sama dengan mode pesawat, yang bertujuan menyegarkan sinyal. Sehingga sinyal yang muncul saat ponsel baru menyala akan lebih baik.

4. Tambahkan Tanda Plus (+) atau Koma (,) ke kode

Coba tambahkan koma (,) ke akhir kode USSD yang ingin Anda akses. Misalnya Anda akan mengakses kode * 1234 #, lalu tambahkan koma setelah kode menjadi * 1234, #. Untuk menambahkan koma, tekan dan tahan tanda bintang (*) selama 2-3 detik.

Atau, Anda juga dapat mencoba menambahkan tanda tambah (+) ke panggilan kode USSD. Misalnya, Anda akan melakukan panggilan ke * 1234 # coba tambahkan tanda tambah (+) setelah tanda bintang (*) * + 1234 #.

Untuk menambahkan tanda tambah (+) Anda dapat menekan nol selama 2-3 detik. Tanda (+) atau (,) dapat menghilangkan pesan error yang akan muncul saat Anda memanggil menggunakan kode USSD.

5. Atasi Kode MMI Tidak Valid Dengan Bersihkan Data dan Cache

Atasi Kode MMI Tidak Valid Dengan Bersihkan Data dan Cache

Hapus data ini yang ditujukan untuk aplikasi yang ada di smartphone, aplikasi telepon. Karena kode MMI yang tidak valid dapat muncul karena ada masalah dengan sistem panggilan telepon ini.

Untuk menghapus data / cache pada panggilan telepon, Anda dapat mengikuti langkah-langkah di bawah ini.

  • Masukkan pengaturan pada smartphone
  • Pilih aplikasi
  • Masukkan aplikasi telepon
  • Klik hapus data / cache

Dengan membersihkan data / cache kinerja aplikasi ini akan menjadi default lagi.

Baca Juga:

Penutup

Nah, itu tadi penjelasan kami mengenai Cara Mengatasi Kode MMI Tidak Valid Pada Hp Android & Kartu Sim semoga bisa membantu anda semua.

Terima kasih telah membaca artikel ini dan jangan lupa untuk membaca artikel kami yang lainnya.