Budgie Desktop 10.3 Meluncur, Dukung Alt+tab Switcher, Perbaiki GTK+ 3.22

Solus Project, yang diwakili oleh Ikey Doherty, mengumumkan kehadiran desktop Budgie 10.3 beberapa hari yang lalu. Budgie merupakan desktop environment default Solus sekaligus varian pertama Solus sebelum adanya Solus MATE dan Solus GNOME.

Versi ini merupakan rilis pembaruan untuk Budgie 10 sebelum desktop ini beralih ke Qt di Budgie 11 nanti.

Budgie 10.3 hadir dengan pembaruan applet atau places-indicator yang mampu membuka kunci volume terenkripsi melalui helper mount baru, menampilkan S/FTP dan SMB, dan membuka manajer berkas default ketika pengguna mengklik bookmark pada S/FTP. Di samping itu ada juga pembaruan pada User Indicator, Notifications View, dan tema.

Desktop environment ini akhirnya juga membawa task switcher menggunakan Alt+tab, fitur kustomisasi applet yang lebih kaya terutama pada Clock Applet, pembenahan GTK+ 3.22, serta mendukung artwork MPRIS.

“Di Budgie 10.3, kami kini mendukung artwork yang dapat diunduh untuk MprisClient dan menambahkan kode untuk mencegah artwork dimuat dua kali. (Fitur) ini bisa dilihat saat memainkan musik melalui Spotify!” tutur Joshua Strobl.

Rilis perbaikan bug susul lebih cepat

Sehari kemudian, Ikey Doherty meluncurkan Budgie 10.3.1 sebagai rilis minor/rilis perbaikan bug. Versi ini memperbaiki bug saat pengguna menutup popovers pasca membuka menu popup atau combobox serta memperbaiki masalah pada GNOME Stack 3.20/3.22.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • anan234

    lhah alt – tab kan fitur standar di semua DE

    • Tapi tidak dengan Budgie 😀

    • Yu Rizal

      Sebenernya ada, tapi beberapa kali update Gnome Stack jadi agak derpy gitu… :V
      Semoga ini yang terakhir.

  • Nah itu mas @anan234:disqus, ada testimoni langsung dari mas @yu_rizal:disqus pengguna Solus 😀