Bug Berusia 5 Tahun, BlankOn Benahi Masalah ‘Drag and Drop’ pada Manokwari

Beberapa pekan terakhir, tim pengembang BlankOn kembali mengunggah perubahan pada repositori kode Manokwari di Github, setelah terasa sepi selama beberapa waktu.

Manokwari merupakan desktop environment (lebih tepatnya shell untuk GNOME 3) yang dikembangkan oleh proyek BlankOn—​salah satu proyek distribusi GNU/Linux di Indonesia. Manokwari dibangun dengan teknologi GTK+ dan HTML5 sebagai frontend-nya.

Manokwari

Perubahan pada Manokwari di bulan ini hanya fokus pada perbaikan bug. Meski begitu, ini merupakan pencapaian yang sangat penting, karena salah satu bug yang dimaksud adalah bug lawas yang dilaporkan lima tahun lalu. Bug tersebut menyebabkan fungsi drag and drop tidak berjalan mulus, alih-alih menampilkan nama atau ikon berkas, berkas .txt maupun .jpg yang diseret malah menampilkan isinya.

Perubahan lainnya, pengembang berhasil membenahi masalah penyesuaian wallpaper berukuran besar pada layar kecil serta memperbaiki skrip Makefile yang menjadikan berkas blankon-session tidak bisa dieksekusi.

Dari daftar isu yang dilaporkan pada tahun ini, pemutakhiran API Webkit2 pada Manokwari sepertinya bakal menjadi hal yang sangat menarik untuk ditunggu.

Bagi yang ingin mencoba membangun desktop Manokwari secara manual, silakan unduh tarball night-build terbarunya di laman rilis, saat kabar ini ditulis, tarball night-build menyentuh versi 2017-11-22-0. Silakan simak manokwari.blankonlinux.or.id untuk melihat laman resmi Manokwari.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...