Calibre 3.0 Dukung Layar Retina dan Fitur Mode Luring Lewat Content Server Baru

Calibre

Hari Jumat, 16 Juni kemarin, Kovid Goyal meluncurkan Calibre 3.0, rilis mayor baru perangkat lunak pengelola ebook lintas-platform. Sejak tiga tahun yang lalu Calibre menghadirkan rilis mayor 2.0, dan sejak saat itu pula Calibre mendapatkan fitur-fitur baru melalui rilis minor 2.x.

“Selamat datang kembali pengguna Calibre. Sudah hampir tiga tahun sejak Calibre 2.0. Sejak itu banyak hal yang terjadi. [..] Ini merupakan waktu yang tepat untuk menyatakan terima kasih banyak kepada komunitas Calibre yang mengontribusikan energi dan antusiasme secara sukarela — tanpanya fitur-fitur baru tersebut tidak akan pernah hadir,” ungkap pengembang via laman pengumuman.

Content server baru dan dukungan layar Retina

Dibandingkan Calibre 2.0, Calibre 3.0 membawa beberapa perubahan besar, salah satunya adalah dukungan layar beresolusi tinggi (layar Retina), cocok buat Anda pengguna komputer dan laptop dengan resolusi 4K bahkan lebih. Atur fitur ini melalui Preferences → Look & feel → Adjust for high resolution screens.

Pengembang juga telah menulis ulang Content server Calibre 3.0 dengan kemampuan membaca buku lewat peramban pada perangkat ponsel/tablet. Fitur ini sekarang juga mendukung mode luring (offline).

Untuk memanfaatkan Content server dengan mode luring, pengguna hanya perlu memencet tombol Connect/share, lalu buka alamat http://localhost:8080 melalui peramban dan pengguna akan melihat kumpulan pustaka buku yang dapat dibaca atau diunduh.

Selama ini, mungkin Anda merasa bosan dengan tampilan Calibre yang begitu-begitu saja. Nah mulai Calibre 3.0, aplikasi ini lebih fleksibel, Anda bisa mengatur tema ikon baru yang lebih segar. Menu instalasi tema ikon baru bisa dilihat di Preferences → Look & feel → Icon theme. Tema ikon default Calibre pun juga diganti dengan yang lebih baru!

Calibre juga kini mampu mengonversi semua format buku ke format DOCX, dan sebaliknya.

Di luar itu, Calibre 3.0 membawa splash screen baru, sedikit pembaruan pada antarmuka, perbaikan dukungan driver Kobo, dan pembenahan bug pada beberapa komponen.

Seperti rilis-rilis sebelumnya, ia juga membawa news source baru RussiaFeed, dan memperbarui beberapa news source yang sudah ada seperti New York Times, Lifehacker, Economist, The Daily Mail, Private Eye, The Hindu, dan Harper’s Magazine.

Tanpa harus menunggu kehadirannya di repositori GNU/Linux, Anda dapat menginstal langsung Calibre 3.0 dengan mengikuti caranya di tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...