Cara Update Paket di Mageia 5

Mageia adalah distro GNU/Linux turunan Mandriva. Dirilis pertama kali pada tahun 2011, Mageia menjadi salah satu penerus semangat Mandriva selain OpenMandriva.

Mageia menggunakan urpmi sebagai pengelola paketnya, khususnya untuk Mageia 5 dan di bawahnya karena Mageia 6 akan membawa DNF sebagai alternatif urpmi.

Lalu bagaimana cara update (memperbarui) paket di Mageia? Sangat mudah, bagi penggemar CLI Anda bisa menggunakan perintah urpmi sedangkan bagi pemula yang hanya ingin klik-ini-itu bisa memakai rpmdrake (front-end GUI dari urpmi).

  1. Update paket menggunakan urpmi (CLI)

    Buka terminal, lalu silakan jalankan perintah:

    $ sudo urpmi --auto-update

    urpmi

    Jika muncul keterangan paket apa saja yang perlu diperbarui, lengkap dengan ukuran berkas yang harus diunduh, ketik y lalu Enter. Jika tidak ada pembaruan yang disediakan, urpmi hanya menampilkan keterangan packages are up to date.

  2. Update paket menggunakan rpmdrake (GUI)

    rpmdrake

    rpmdrake

    Klik menu Mageia di pojok kiri bawah, lalu pilih Install & remove software. Lalu masukkan password user Anda dan Enter.

    rpmdrake

    Pilih menu File lalu Update Media. Centang semua media kemudian klik Update. Jika muncul paket-paket yang perlu diperbarui di bagian kolom Package, centang semua lalu klik Apply.

Mudah bukan?

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...