digiKam 5.7.0 Hadirkan Dua Fitur Baru; Print Creator dan Kirim Langsung ke Posel

Hampir pertengahan September, proyek digiKam merilis perangkat lunak digiKam 5.7.0.

“Mengikuti peluncuran 5.6.0 bulan Juni, tim digiKam dengan bangga mengumumkan rilis baru 5.7.0 dari digiKam Software Collection,” kata pengembang. “Di versi ini, beragam pengerjaan terjadi di belakang layar dan perbaikan bug, yang bukan berarti tidak ada peningkatan fitur ..”

“Fitur” yang disinggung di peluncuran digiKam 5.7.0 ini di antaranya Print Creator, fitur yang memperkenankan pengguna mencetak gambar dalam sekali waktu dengan konfigurasi yang berbeda. Misalnya, jika rasio aspek tidak cocok dengan format pencetakan, Anda dapat memilih bagian gambar yang perlu dipotong. Hasil potongan ini bisa langsung dikirim ke printer atau diekspor menjadi berkas GIMP atau berkas lain.

Perkakas Print Creator dapat ditemukan di semua mode; Main view, light table, editor, maupun showFoto yang diaktifkan lewat menu tools.

digiKam

Print Creator pada digiKam (digikam.org)

Fitur baru lain yang tak kalah menarik adalah fitur untuk mengirim gambar langsung ke posel. Ini adalah fitur yang telah diminta oleh banyak pengguna selama ini. Dengannya, pengguna diberi keleluasaan untuk mengatur ukuran maksimal berkas yang akan dikirim hingga menghapus semua metadata berkas.

Randa Meeting 2017

Di acara Randa Meeting 2017, pengembang digiKam akan fokus menyempurnakan hasil proyek GSoC 2017, yang direncanakan akan dibenamkan di rilis minor selenjutnya digiKam 5.8.0.

Anda dapat mengunduh berkas AppImage perangkat lunak pengolah foto ini di repositori KDE.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...