Dukung Instalasi di Windows, deepin Linux 15.4 Akan Sediakan Perkakas Wubi

Pengembang deepin kini sedang disibukkan dengan pengembangan deepin Linux 15.4. Bulan lalu, deepin Linux 15.4 menyentuh fase Beta dan kemudian disusul dengan fase Release Candidate (Kandidat Rilis) akhir pekan Maret 2017 ini.

Dilihat dari laman pengumuman deepin Linux 15.4 RC, distro dari Tiongkok ini akan menyediakan fitur-fitur baru, termasuk fitur pada Control Center; pengaturan cuaca berdasarkan lokasi, pengaturan multimedia (player musik), dsb, Dock, Window Manager, Launcher, dan lain sebagainya. Serta satu fitur menarik, mode instalasi Wubi.

Bagi para sesepuh di dunia GNU/Linux, Wubi tentu sangat populer. Wubi atau Windows-based Ubuntu Installer adalah perkakas untuk menginstal Ubuntu di sistem operasi Windows. Selama 7 tahun (2008-2015) Wubi menjadi salah satu metode resmi untuk memasang Ubuntu. Setelah itu, pihak Ubuntu resmi melarang pengguna Windows untuk menggunakan Wubi. Proyek ini pun resmi mati.

Wubi Deepin

Wubi dari deepin Linux

Hadirnya Wubi di deepin Linux menjadi potensi kembalinya metode instalasi ini, walau mungkin hanya akan menjadi fitur internal deepin. Tapi, siapa tahu?

Wubi di deepin Linux tidak resmi disebut sebagai “Wubi”, tetapi “Deepin Windows Installer”. Perkakas ini mendukung Windows XP (32/64-bit), Windows 7 (32/64-bit), dan Windows 8 (32/64-bit).

Dirilis dengan lisensi GNU GPL 3.0, source code Wubi dari deepin Linux bisa dilihat di tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...