Dukungan SmartArt pada LibreOffice Semakin Bagus, Terima Kasih GSoC 2017!

Siapa yang memerlukan grafik SmartArt di LibreOffice?

Bila Anda menjawab “ya”, berterimakasihlah kepada peserta GSoC 2017 untuk proyek LibreOffice. Grzegorz Araminowicz berhasil memperbarui fitur dukungan SmartArt ke perangkat lunak pengolah dokumen dari The Document Foundation tersebut.

LibreOffice

SmartArt merupakan perkakas pada Microsoft Office untuk menampilkan informasi dalam bentuk grafik, atau bagan.

Sebenarnya, LibreOffice sudah memiliki dukungan SmartArt cukup lama, tetapi masih sebatas fitur impor SmartArt dengan dukungan kode penguraian berkas dan fitur layout dasar. Di proyek GSoC 2017, Grzegorz bertugas menguji dukungan satu persatu berkas yang berbeda dan menerapkan fitur yang hilang.

“Saya senang dengan hasil proyek ini. Sekarang LibreOffice mampu memuat dan merender dengan benar beragam tipe diagram dasar. Bagaimanapun, masih banyak yang perlu diselesaikan untuk mendukung SmartArt secara kompleks,” tulis Grzegorz mengenai kesimpulan proyek GSoC 2017 yang ia kerjakan.

Beberapa perbaikan dukungan SmartArt yang digarap Grzegorz dapat disimak di mailing list libreoffice.

Pembaruan dialog, LibreOffice Online, dll

Proyek GSoC 2017 yang sukses juga dapat ditemukan pada pembaruan dan peningkatan dialog kustomisasi yang ada di menu Tools. Tim desain LibreOffice pun menyebut fitur yang digarap Muhammet Kara untuk dialog tersebut sebagai “killer feature“. Fitur yang dimaksud adalah fitur pencarian pane Functions pada tab Keyboard.

Di tempat lain, peserta GSoC 2017 lainnya juga berhasil menambahkan rule horizontal interaktif pada LibreOffice Online, memperbaiki sistem build Android Viewer, dll.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...