Efek TypeWriter dan Fitur Pengaturan Properti Dasar Video Kdenlive Sukses Dibenamkan

Selama beberapa hari terakhir, Jean-Baptiste Mardelle salah satu pengembang Kdenlive pergi menghadiri Randa Meetings 2017 di Swiss untuk melakukan sprint pengembangan bersama pengembang lain.

Di acara ini, Mardelle sukses menerapkan dan menggabungkan beberapa kode/fitur yang ia maupun orang lain tulis, termasuk kode untuk meningkatkan pengoreksian warna yang sekarang mendukung nilai negative lift pada efek Lift/Gamm/Gain.

Fitur efek keren yang sering diminta pengguna akhirnya dikabulkan. Perkenalkan efek TypeWriter. Pada pengujian awal yang dilakukan Mardelle dan Rafal Lalik, fitur ini dirasa cukup sukses. Lihat hasil efeknya di video bawah ini.

Tak cuma itu, Mardelle juga berhasil memperbarui stack efek QML built-in. Dengannya, pengguna dapat mengatur properti dasar video, seperti kontras, keseimbangan warna, dll. Masalah pada perenderan multi-threaded dan masalah animasi kecil QML yang menyebabkan penurunan performa tak luput dari pembenahan, begitu pula dengan peringatan yang muncul ketika menambahkan gambar di bawah 8px, peringatan tak perlu tentang hilangnya perkakas DVD, dan masalah pada image sequence sukses diperbaiki di Randa Meetings 2017.

Unduh Kdenlive

Beberapa fitur/perbaikan di atas bisa ditemukan di berkas AppImage yang diunggah pengembang beberapa waktu lalu. Silakan unduh berkas tersebut di salah satu mirror yang disebut di tautan ini.

Ini adalah rilis pengembangan dan eksperimental, jadi jangan Anda pakai untuk kegiatan produksi mengingat masih akan banyak masalah di situ.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...