Elementary OS 0.4.1 Dirilis, Bawa AppCenter dan Kernel Baru

Daniel Foré ketua tim pengembangan elementary OS meluncurkan rilis pembaruan pertama elementary OS Loki 0.4. Elementary OS 0.4 sendiri meluncur bulan September 2016 dengan membawa banyak komponen baru, termasuk AppCenter.

“Kami bangga mengumumkan rilis pembaruan mayor untuk elementary OS Loki: versi 0.4.1. Rilis ini membawa stack hardware enablement, pembaruan-pembaruan Loki yang hadir sejauh ini, ditambah AppCenter baru,” kata Foré.

Pembaruan elementary OS Loki 0.4.1

Seperti yang disinggung Daniel Foré di atas, elementary OS Loki 0.4.1 membawa hardware enablement dengan kernel 4.8 dan X versi anyar yang diambil dari Ubuntu 16.04.2. Hadirnya kernel ini membuat elementary OS Loki 0.4.1 mampu berjalan lebih baik di chipset Intel Kaby Lake.

Elementary OS Loki 0.4.1 juga memperbarui Epiphany, Granite, mengubah sidebar metadata pada Photos, membenahi Files (Marlin), menambah indikator microphone dan pengontrol perangkat Bluetooth di sound indicator, fitur baru pada Bluetooth settings, memperbarui Look & Feel, dan menambahkan slider pengatur kecerahan layar pada power indicator.

Versi ini juga memperbarui terjemahan serta meningkatkan dukungan metode input CJK.

Bulan September 2016 merupakan versi pertama elementary OS yang membawa perangkat lunak pengolah aplikasi AppCenter. Saat itu, aplikasi ini masih biasa, tak ada yang spesial. Mulai versi 0.4.1 ini, elementary OS membawa AppCenter baru, di mana ia tidak hanya berupa “perangkat lunak pengolah aplikasi”, tetapi juga “toko aplikasi”.

AppCenter

AppCenter baru

AppCenter anyar ini merupakan hasil dari penggalangan dana via Indiegogo, yang mengijinkan pengembang eksternal mengunggah karyanya ke AppCenter Dashboard dan mendapatkan pendapatan darinya.

Berdasarkan tampilan, AppCenter lebih segar dengan banner aplikasi cantik di bagian atas serta tombol baru pay-what-you-want. Ada juga Infobar baru yang muncul ketika Anda disuruh me-reboot komputer usai menjalankan update.

Buat pengguna elementary OS Loki 0.4, untuk memutakhirkan ke 0.4.1 sangat mudah. Cukup buka AppCenter lalu klik “Update All”. Sedangkan Anda juga bisa memeroleh berkas ISO-nya lewat https://elementary.io.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Elementary pakai nautilus pak?