elementaryOS Berminat Dukung Snap?

Snap di Ubuntu? Sudah kita dengar. Snap di Solus? Sudah diputuskan. Snap di Ubuntu MATE? Sudah dibenamkan. Bagaimana dengan Snap di elementaryOS?

elementaryOS
Figure 1. elementaryOS Loki

Beberapa hari yang lalu, Sarah Dickinson dari Canonical mewawancarai Daniel Fore selaku pendiri dan Cody Garver selaku Systems Architect elementary seputar format pemaketan snap.

Disampaikan oleh Fore, mereka senang ketika Canonical mengajak mereka untuk menjadi pihak yang ikut mengawasi dan mengembangkan Snap. Teknologi pemaketan tersebut sangat menguntungkan karena memiliki lapisan keamanan yang tebal secara default, dengan begitu pemelihara distro yang menerapkan Snap tidak perlu terlalu repot lagi menjaga keamanan distro mereka dari ancaman celah keamanan yang ada di paket aplikasi, mengingat paket snap berjalan dengan pustaka-pustakanya sendiri seperti kontainer, tanpa mempengaruhi sistem utama.

Dilihat dari teknis pemaketan aplikasi pun, Snap sangat sederhana. Dibandingkan dengan berkas-berkas dan direktori berformat khusus pada paket Debian, Snap hanya memerlukan berkas Yaml yang sangat simpel.

Walaupun memiliki impresi positif terhadap Snap, Fore belum memiliki rencana untuk menerapkan teknologi pemaketan ini di infrastruktur elementaryOS. Mungkin, paling tidak di rilis elementaryOS 0.5 Juno. “Kami belum mengintegrasikan pembangunan snap pada infrastruktur kami, meski kesederhanaan format (pemaketannya) sangat menjanjikan,” akunya.

Saat ditanya komponen apa yang perlu ditingkatkan oleh Snap, Fore menegaskan bahwa pesan galat harus diperbarui, begitu juga dengan ukuran paket snap yang perlu dikecilkan, dan satu lagi toko aplikasi snap yang lebih portabel, mengingat selama ini snap bergantung pada toko yang disediakan oleh Canonical.

Anda pengguna elementaryOS? Bagaimana jika di waktu mendatang pengembang membenamkan dukungan teknologi pemaketan kekinian tersebut secara default?

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...