Cara Mengecek Akun Instagram Diblokir atau Tidak Oleh Orang Lain

Mengecek Akun Instagram Diblokir – Ketika kita diblokir di media sosial, Instagram dan banyak media sosial lainnya tidak pernah memberikan notifikasi. Bagaimana lagi, fitur pemblokiran memang terkesan negatif karena dianggap bisa memutuskan pertemanan di dunia maya tanpa orang yang bersangkutan.

Bayangkan saja apa jadinya jika pemblokiran masuk ke notifikasi kita. Tentu saja setiap pengguna akan terkejut dan mungkin mencoba menghubungi pemblokir untuk klarifikasi.

Lalu bagaimana cara mengetahui siapa yang telah memblokir kita di Instagram? Ada beberapa cara mudah untuk mendeteksi pemblokiran tersebut. Berikut adalah beberapa di antaranya!

1. Periksa Profil Anda

Cara Mengecek Akun Instagram Diblokir

Bahkan jika seseorang memblokir Anda, Instagram tidak akan menghapus komentar atau tag lama dari profil Anda sendiri. Anda dapat membuka tag atau komentar terkait akun orang yang Anda curigai telah memblokir Anda.

Jika nama pengguna orang tersebut masih muncul di komentar atau tag, Anda hanya perlu mengklik nama pengguna tersebut. Jika ketika diklik profil menunjukkan jumlah unggahan, pengikut, dan pengikut, tetapi Anda tidak dapat melihat unggahan itu, berarti akun Instagram Anda diblokir.

2. Cari Akun yang Memblokir Instagram Anda

Langkah yang kedua untuk mengetahui siapa orang sudah memblokir akun instagram Anda adalah dengan cara melakukan pencarian pada profil orang itu. Caranya sederhana, kamu tinggal masuk ke menu “search”, lalu tulis username akun yang dimaksud.

Saat profil orang tersebut muncul, ada beberapa kemungkinan skenario. Pertama, jika profil orang yang diduga memblokir Anda bersifat publik dan Anda masih dapat melihat unggahan, berarti Anda tidak diblokir.

Sebaliknya,bila profil dari orang yang memblokir Anda publik tetapi Anda tidak dapat melihat unggahan, pengikut, dan pengikut akun tersebut, berarti akun Instagram Anda telah diblokir oleh orang tersebut.

Anda dapat mengirim permintaan pertemanan jika Anda ingin melihat postingan orang tersebut. Namun, ketika username orang tersebut tidak muncul sama sekali saat dicari, berarti akun Instagram Anda diblokir. Ini dengan catatan bahwa akun orang yang diduga memblokir Anda tidak dinonaktifkan atau dihapus.

3. Periksa Riwayat DM atau Pesan Langsung

Untuk mengetahui apakah akun Anda diblokir, coba periksa riwayat DM dengan pengguna yang diduga memblokir Anda. Klik profil. Jika muncul tampilan seperti foto ini, berarti akun Anda diblokir.

Jika Anda pernah bertukar pesan langsung (DM) Instagram dengan seseorang yang diduga memblokir Anda, coba periksa riwayat obrolan. Ada beberapa skenario yang juga bisa terjadi. Pertama, akun Anda telah diblokir oleh pengguna tersebut jika riwayat obrolan di DM Instagram hilang.

Kedua, riwayat obrolan di DM masih tersedia. Namun, saat Anda mengeklik profil pengguna tersebut, profil pengguna tersebut tidak menampilkan unggahan atau keterangan “akun ini bersifat pribadi”. Maka, akun Anda pula sudah diblokir oleh user tersebut.

4. Cari UserName Lewat Browser

Mengecek Akun Instagram Diblokir atau Tidak

Cara lain yang bisa Anda lakukan untuk memastikan akun Instagram Anda diblokir oleh seseorang adalah dengan mencari username teman Anda melalui browser. Format pencarian username Instagram melalui website adalah instagram.com/username.

Anda hanya perlu menyalin dan mengubah “nama pengguna” dengan pegangan Instagram teman yang diduga memblokir Anda.

Perlu diingat, saat menggunakan browser, Anda juga harus login ke akun Instagram Anda melalui browser yang sama. Jika muncul hasil pencarian dan muncul tulisan “Maaf, halaman ini tidak tersedia” atau “Maaf, halaman ini tidak tersedia”, berarti akun Anda telah diblokir.

Dengan cara ini ada kemungkinan akun yang Anda cari telah dihapus atau dinonaktifkan. Untuk mengonfirmasinya, Anda bisa logout terlebih dahulu dari akun Instagram Anda di browser.

Kemudian, lakukan pencarian nama pengguna dengan cara yang sama, menggunakan jendela penyamaran alias incognito. Jika Anda bisa melihat profil tersebut, maka bisa dipastikan akun Instagram Anda telah diblokir oleh teman.

5. Gunakan Akun Lain

Cara terakhir yang bisa digunakan adalah dengan mengeceknya dengan akun lain. Jika Anda memiliki akun kedua, coba temukan akun orang yang memblokir Anda agar tidak menggunakan akun tersebut.

Anda juga dapat meminta teman untuk membantu Anda menemukan profil orang yang dimaksud. Jika profil muncul saat dicari menggunakan akun kedua atau teman Anda, ini berarti akun Anda telah diblokir.

6. Follow Lagi

Cara lain untuk mengetahui apakah akun Instagram diblokir adalah dengan mengikuti kembali. Jika Anda dapat melihat profil pengguna yang diduga memblokir Anda, coba lihat apakah Anda dapat mengikuti. Jika akun Anda diblokir, Anda tidak akan bisa mengikuti akun tersebut sama sekali.

Baca Juga :

Caranya mudah untuk Cara Mengecek Akun Instagram Diblokir, dengan aplikasi yang sudah diulas di atas. Silakan kunjungi layanan pasar aplikasi, baik itu App Store atau Google Play Store lalu ketikkan nama kata kunci aplikasi yang akan diunduh. Semoga beruntung.