Endless OS Jadi Distribusi GNU/Linux Pertama yang Mendukung Flathub Secara Default

Sebelum acara Ask Me Anything tadi malam, Endless Computers, pengembang sistem operasi Endless OS, mengumumkan bahwa mereka adalah distribusi GNU/Linux pertama yang mendukung Flathub untuk menyediakan paket-paket Flatpak secara default.

Endless OS merupakan sistem operasi yang tengah gencar menarik pasar dunia, Indonesia terutama. Menghadirkan lingkungan distro non-konvensional, EndlessOS membawa desktop GNOME yang telah dikustom sedemikian rupa dan Flatpak sebagai format paket aplikasinya. Keterangan panjangnya, silakan simak artikel Kabar Linux di tautan ini. Awal September 2017 lalu pun penulis berbagi pengalaman seputar kunjungannya di boot Endless di Yogyakomtek 2017 melalui artikel ini.

Flathub sendiri adalah layanan semacam repositori, yang menyediakan beragam paket Flatpak, dari paket aplikasi editor teks, pengelola gambar, hingga game, dll. Layanan ini disediakan oleh Red Hat. Dengan tampilan laman modern, flathub.org memperkenankan kita mencari paket Flatpak dengan mudah.

Menurut keterangan Endless via cuitan @endlessglobal, Endless OS membenamkan dukungan Flathub secara default mulai versi 3.2.5 (saat kabar ini ditulis, Endless OS menginjak rilis 3.2.6).

Bagi siapapun yang ingin mengunduh citra ISO Endless OS, silakan kunjungi endlessos.com, untuk versi bahasa Indonesia berukuran 7,53GB. Kunjungi flathub.org/apps.html untuk melihat paket aplikasi apa saja yang disediakan layanan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...