Perbedaan Windows 32bit dan 64bit yang Belum Anda Tau

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit – Windows saat ini masih menjadi OS teratas untuk jadi salah satu OS dengan user terbesar di seluruh dunia. Malah rata-rata laptop dan komputer yang Anda lihat saat ini pasti memakai OS Windows.

Tapi tahukah Anda sistem dasar yang digunakan menggunakan 32 bit atau 64 bit? Daripada bingung, lebih baik kita bahas Perbedaan Windows 32bit dan 64bit di Windows.

Perlu Anda ketahui bahwa saat ini ada dua jenis sistem Windows, yaitu 32 bit dan 64 bit. Sekilas keduanya tidak akan terlihat perbedaannya, Anda harus cek secara langsung utamanya dari segi fungsi, hardware, software dan performanya. Menurut data terkini dari Statcounter.com, pangsa pasar pengguna Desktop OS adalah sebagai berikut:

Dari data di atas, pada Februari 2021 Windows memiliki 76,26% pengguna, Mac OS memiliki 16,91% pengguna. Sehingga hingga saat ini Windows masih mendominasi pengguna sistem operasi berbasis desktop di dunia.

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit

Nah pada kesempatan kali ini kita akan membahas perbedaan windows 32 bit dan 64 bit beserta kelebihan dan kekurangannya masing-masing.

1. Kinerja 32 Bit dan 64 Bit

Perbedaan antara sistem dasar Windows 32 dan 64 bit sebenarnya ditentukan oleh kemampuan prosesor. Tentu saja jika dibandingkan, teknologi prosesor 64 bit lebih baru dari 32 bit. Windows 32 bit dengan prosesor 32 bit juga, memiliki kemampuan di bawah 64 bit.

Jadi kombinasi Windows dan prosesor ini hanya cocok untuk melakukan pekerjaan ringan dan membuka aplikasi yang tidak terlalu berat. Sedangkan prosesor Windows dan 64-bit cocok untuk melakukan pekerjaan yang lebih berat seperti desain, editing video, dll.

2. Jumlah RAM (Random Access Memory) yang digunakan.

Perbedaan mendasar yang diketahui sebagian besar pengguna adalah jumlah maksimum RAM yang dapat digunakan. Setiap basis sistem memiliki batasan yang berbeda. Untuk Windows berbasis 32-bit memiliki jumlah batasan RAM yang lebih kecil daripada 64-bit.

Windows 32 bit memiliki batas penggunaan RAM maksimal hanya kurang dari 4GB (sekitar 3,2 GB) dan akan bekerja lebih maksimal saat menggunakan RAM 1 atau 2 GB. Sedangkan Windows 64 bit bisa membaca hingga lebih dari 4GB RAM.

Jika Windows 32-bit dipasangkan dengan RAM 4GB, hanya hingga 3GB yang akan terbaca. Hal ini disebabkan perbedaan arsitektur prosesor antara 32 bit dan 64 bit.

3. Kemampuan mengolah data

Perbedaan arsitektur pada Windows dan prosesor 32 dan 64 bit tentunya akan sangat mempengaruhi kinerja dari komputer itu sendiri. Angka 32 dan 64 sebenarnya mewakili jumlah data yang dapat diproses dalam satu putaran. 32, Istilah “bit” adalah unit data.

Komputer 32-bit adalah komputer yang dapat memproses 232 data sekaligus. Sedangkan komputer 64 bit adalah komputer yang dapat mengolah 264 data sekaligus.

4. Kompatibilitas Perangkat Lunak

Perbedaan yang cukup berpengaruh juga pada kompatibilitas software yang dapat digunakan. Windows 32 bit tidak akan dapat berjalan pada perangkat lunak 64 bit. Sedangkan Windows 64 bit lebih fleksibel karena dapat menjalankan software 32 atau 64 bit.

5. Kelebihan dan Kekurangan Windows 32 dan 64 bit

Perbedaan Windows 32bit dan 64bit yang Belum Anda Tau

Keuntungan dari Windows 32-bit:

  • Dapat menjalankan perangkat lunak dan aplikasi lama dengan basis 16 bit.
  • Lebih kompatibel dengan driver yang lebih tua. Cocok untuk laptop atau komputer lama.
  • Bisa bekerja maksimal meski hanya dengan RAM 2GB

Kekurangan Windows 32-bit:

  • Beberapa perangkat lunak baru yang kompatibel atau dapat digunakan
  • Tidak dapat menggunakan lebih dari 4GB RAM
  • Tidak dapat digunakan untuk perangkat lunak berat seperti After Effects

Keuntungan dari Windows 64-bit:

  • Lebih cepat dan lebih efisien
  • Mampu membuat kinerja prosesor lebih optimal
  • Dapat menjalankan perangkat lunak 32 bit
  • Cocok untuk menjalankan software terbaru yang mengutamakan grafis

Kekurangan Windows 64bit:

  • Tidak cocok untuk PC lama

Baca Juga :

Nah itulah pembahasan mengenai Perbedaan Windows 32bit dan 64bit. Untuk rekomendasi kami, lebih baik menggunakan sistem operasi dan perangkat keras versi 64-bit. Karena perkembangan teknologi sistem 32-bit, perlahan-lahan akan mulai ditinggalkan seperti kasus 16-bit di masa lalu.