Gentoo Linux Berhenti Tambal Celah Keamanan pada Arsitektur SPARC

Gentoo

Yury German, salah seorang pengembang Gentoo Linux, mengumumkan bahwa tim keamanan Gentoo tidak akan lagi mendukung arsitektur SPARC. Keputusan ini dihasilkan dari diskusi yang cukup lama antara tim SPARC dan pengembang Gentoo lain yang bertanggung jawab memelihara SPARC sebagai salah satu arsitektur yang didukung distribusi ini.

Melalui mailing list, German menyampaikan, “keputusan ini mengikuti keputusan dewan tertanggal 11-12-2016, ‘Dewan menyetujui tim keamanan, cukup suportif menghapus dukungan keamanan sparc jika ia tidak dapat memenuhi timeline tim keamanan’.”

Dengan dihapusnya dukungan SPARC, kini Gentoo Linux “hanya” mendukung arsitektur x86, amd64, Alpha, HPPA, PowerPC, dan PowerPC 64-bit. Saat kabar ini ditulis, SPARC masih disebutkan di laman Gentoo Vulnerability Treatment Policy (GVTP). Tentu saja, ia akan dihapus pengembang sesegera mungkin.

Setelah ini, GLSA untuk arsitektur ini akan keluar sebelum paket menyentuh versi stabil dan juga pengembang tak akan lagi menginvestigasi masalah yang hanya berhubungan dengan arsitektur SPARC.

Bagi pengguna Gentoo Linux SPARC, mereka akan mendapatkan informasi pemberhentian dukungan ini melalui glsa-check, mengingat perkakas ini lintas-arsitektur sehingga semua arsitektur—​termasuk SPARC—​akan terus mendapatkan informasi darinya.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...