GNOME Foundation Resmi Endorse Proyek Librem 5 dari Purism

Setelah pengumuman kerja sama antara KDE dan Purism, melalui laman gnome.org, organisasi di balik pengembangan desktop environment GNOME tersebut resmi mengumumkan bahwa mereka meng-endorse proyek Librem 5 dari Purism.

Librem 5
Figure 1. Librem 5

“GNOME Foundation resmi menyertakan peng-endorse-an dan dukungannya atas usaha Purism mengembangkan Librem 5, yang jika sukses akan menjadi ponsel pintar terbuka dan bebas/merdeka pertama di dunia dengan enkripsi end-to-end dan proteksi pengguna yang lebih baik,” tutur mereka.

Purism sejak awal menggunakan teknologi GNOME/GTK pada PureOS, sistem operasi untuk Librem 5. Jadi, tidak kaget jika GNOME Foundation berminat meng-endorse proyek fenomenal tersebut.

Rencana ke depan, GNOME Foundation akan mengajak Purism untuk mengadakan hackfest dan mengembangkan apapun yang berhubungan dengan GNOME/Gtk di ponsel Librem 5 bersama-sama. Jika proyek Librem 5 sukses, ponsel tersebut akan menjadi portofolio baru GNOME, selain ponsel Nokia 770, N800, dan N900 yang sempat menjadi bahan eksperimen para pengembang GNOME.

Yang menarik, pengumuman dari GNOME Foundation ini menguatkan pernyataan Purism sebelumnya. “Kami akan bekerja dengan komunitas GNOME/GTK dan KDE/Plasma, dan kami sudah bermitra dengan organisasi di balik mereka untuk layer middleware. Saat ini PureOS merupakan (teknologi) berbasis GNOME dan pengalaman hebat bekerja dengan GNOME sebagai upstream sebaik model pengembangan design-centric dan sistem operasi (dari) GNOME; bagaimanapun kami juga juga menguji, mendukung, dan membangun bersama KDE dan komunitasnya, dan jelas kami akan mendukung Qt sebagai pengembangan aplikasi. Kami akan terus menguji GNOME dan Plasma, dan memutuskan arah finalnya sekitar sebulan setelah penggalangan dana sukses. Apapun yang dipilih, Purism akan terus bekerja sama dengan kedua komunitas dengan mengutamakan upstream,” terang Purism.

Mereka melanjutkan, “kami berencana membebaskan pengguna untuk menjalankan GNOME, KDE, atau apapun yang dirasa cocok, pada ponsel GNU+Linux mereka—​seperti saat kita bisa memilki GNOME dan KDE di desktop/laptop yang sama hari ini.”

Pernyataan di atas diterbitkan oleh Purism sehari pasca pengumuman kerja sama dengan KDE, yang terkesan membantah segala spekulasi media yang menyebutkan “Plasma Mobile akan menjadi sistem operasi utama Librem 5” atau semacamnya.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • Ajib

    semakin positif nih, ditunggu perkembangannya