GNOME Tweaks 3.25.91 Hapus Tiga Fitur, Salah Satunya Tema Global Dark

Versi baru dari sebuah perangkat lunak tidak melulu berisi penambahan fitur, banyak juga yang berisi penghapusan fitur guna memadatkan fungsi perangkat lunak atau guna menyingkirkan fitur-fitur yang sudah tidak diperlukan lagi.

GNOME

Salah satu perangkat lunak yang telah menghapus beberapa fitur adalah GNOME Tweaks (dulu GNOME Tweak Tool) 3.25.91, rilis pengembangan baru menuju GNOME 3.26. GNOME Tweaks merupakan perkakas untuk mengatur komponen-komponen desktop environment GNOME.

Selain menghapus kata “Tool” dari namanya, GNOME Tweaks 3.25.91 telah menghapus pengaturan tombol Power. Fitur tersebut ditujukan untuk mengatur keadaan ketika tombol Power dipencet yang fungsinya sebenarnya mirip dengan salah satu pengaturan pada GNOME Control Center. Selain itu, perkakas ini juga menghapus pengaturan HiDPI dan tema Global Dark.

Kata Jeremy Bicha, tema Global Dark dihapus karena tidak mendukung aplikasi sandbox seperti Flatpak dan Snap, hanya dapat bekerja di aplikasi berbasis GTK3, tidak bekerja secara on-the-fly (harus menutup dan membuka aplikasi lagi untuk melihat perubahan tema), dan beberapa tema tidak mendukung varian gelap (Dark).

Dengan demikian, jangan kaget kalau di rilis GNOME 3.26 nanti Anda tak melihat beberapa fitur di atas di GNOME Tweaks.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...