Gol KDE Baru untuk Tiga Sampai Empat Tahun ke Depan

Pada tanggal 22 sampai 27 Juli 2017, KDE mengadakan acara summit tahunan di Universidad de Almeria di kota Almeria, Spanyol. Sejak saat itu, komunitas KDE sibuk menggodok gol KDE untuk tiga sampai empat tahun ke depan. Beberapa orang mengirimkan 10 proposal dan 3 di antaranya telah dipilih sebagai gol KDE berikutnya.

KDE
Gambar 1. Laman KDE.org

Lydia Pintscher dari KDE mengumumkan 3 proposal tersebut melalui blog miliknya.

Proposal pertama, KDE akan fokus pada kegunaan dan produktivitas perangkat lunak dasar. Sebagai bagian dari gol, kami akan fokus memoles perangkat lunak dasar kami sehingga siapapun dapat menikmatinya dengan gembira, ujar Lydia. Salah satu bukti menuju gol ini adalah peningkatan fitur manajer berkas Dolphin, seperti fitur dukungan ISO secara native dan column view.

Proposal kedua, sesuai visi mereka, KDE akan fokus pada penghormatan privasi. Organisasi free software ini akan meningkatkan fitur-fitur yang berhubungan dengan privasi pada aplikasi-aplikasi yang mereka kembangkan. Salah satu contoh penerapan proposal ini adalah pengintegrasian Tor, Matrix, Zeronet, dukungan donasi ke KDE e.V. melalui Bitcoin, dll.

Proposal ketiga, KDE akan memudahkan proses masuknya kontributor baru. Lydia menyebutkan, sebagai bagian dari gol ini, mereka akan mengidentifikasi dan menghapus penghalang masuknya kontributor ke ranah dokumentasi, infrastruktur, maupun proses pengembangan.

Bagi Anda KDE mania, detail ketiga proposal gol tersebut dapat disimak di tautan ini, tautan ini, dan tautan ini.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...