GParted 0.29.0 Meluncur, Dukung Sistem Berkas UDF, Benahi Dukungan Btrfs

Proyek perangkat lunak pengelola partisi disk, GParted, meluncurkan rilis baru GParted 0.29.0. GParted merupakan aplikasi yang sering direkomendasikan oleh pengguna GNU/Linux untuk para calon pengguna jika ingin memartisi disk sebelum dipasangi distro.

GParted

GParted

Di versi 0.29.0 ini, pengembang telah menambahkan dukungan sistem berkas UDF. UDF atau Universal Disk Format adalah spesifikasi sistem berkas untuk menyimpan berkas ke dalam media optik seperti CD, DVD, dsb. Untuk dukungan ini, sistem yang menyediakan GParted juga harus menyediakan paket udftools. Di luar itu, versi ini juga memperbaiki beberapa bug, termasuk galat segmentation fault pada disk dengan sistem berkas FAT rusak serta galat pada operasi pembuatan partisi snap-to-alignment.

Selain itu, pembenahan bug juga dapat ditemukan pada pemartisian Btrfs yang tidak dapat diubah ukurannya jika ter-mount dalam direktori dengan whitespace (spasi) serta pembenahan pada dukungan LVM2.

Distribusi GParted Live 0.29.0-1 dirilis

Beberapa hari setelah peluncuran GParted 0.29, pengembang mengumumkan kehadiran GParted Live 0.29.0-1 yang membawa perangkat lunak GParted 0.29, kernel Linux 4.11.11-1, udftools, dll. GParted Live sendiri merupakan distribusi GNU/Linux yang ditujukan untuk berjalan secara live dan untuk mengatur partisi disk.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...