Guna Tingkatkan Keamanan, openSUSE Tumbleweed Dibangun dengan PIE

Bakal ada peningkatkan keamanan di varian openSUSE Tumbleweed setelah kemarin Marcus Meissner mengumumkan bahwa distro ini sudah di-build dengan PIE secara default.

“Tumbleweed sekarang di-build dengan PIE (Position Independent Executables) secara default. Hal ini berhasil dicapai dengan penggantian default gcc dalam paket ‘gcc-PIE’,” katanya lewat mailist opensuse-factory.

Dalam dunia perkomputeran, PIE (Position Independent Executables) atau Position Independent Code merupakan fitur yang memuat binary executable terkompilasi dalam alamat memori random. Fitur ini dapat mencegah eksploitasi sistem melalui beberapa cara, termasuk serangan semacam return-to-libc.

Beberapa distribusi GNU/Linux memang sudah ada yang menerapkan PIE, salah satunya Fedora (mulai versi 23). Sedangkan Ubuntu baru akan membenamkan fitur tersebut di Ubuntu 17.10 Artful Aardvark nanti. Distro GNU/Linux underrated seperti VoidLinux justru sudah menerapkan PIE cukup lama dalam binary mereka.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...