Ikuti Debian, Ubuntu 17.04 Hapus Dukungan PowerPC 32-bit

Ubuntu 17.04 Zesty Zapus daily buildsSekitar dua bulan lalu, pengembang Debian memutuskan untuk menghentikan dukungan PowerPC sebagai arsitektur rilis mulai Debian 9 “Stretch”. Satu bulan kemudian, keputusan ini diikuti oleh Ubuntu (desktop), selaku proyek turunan Debian paling populer di dunia GNU/Linux.

Keputusan dua distro ini patut dipahami menyusul dukungan PowerPC 32-bit sendiri sudah tidak dilanjutkan oleh upstream, mereka lebih memilih untuk melanjutkan ppc64el (PowerPC 64-bit little-endian), arsitektur yang akan tetap didukung oleh Debian maupun Ubuntu.

Seperti yang disampaikan oleh Steve Langasek dari Ubuntu melalui mailist ubuntu-devel-announce, keputusan penghentian dukungan PowerPC 32-bit disampaikan oleh Technical Board, dan akan mulai dilakukan di fase Feature Freeze (Pembekuan Fitur) Ubuntu 17.04 “Zesty Zapus”, 16 Februari 2017.

Sebagai catatan, arsitektur PowerPC akan tetap didukung di versi-versi sebelum Ubuntu 17.04 “Zesty Zapus”. Jadi, bagi pengguna PowerPC yang khawatir tidak akan bisa menjalankan Ubuntu 17.04 masih mempunyai waktu untuk bermigrasi ke komputer berarsitektur lain.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...