Inkscape 0.92.2 Tingkatkan Fitur Ekspor/impor Berkas PDF, Visio Stencil, dan EMF/WMF

Proyek perangkat lunak pengolah gambar vektor Inkscape menghadirkan Inkscape 0.92.2, rilis poin kedua untuk seri 0.92. Inkscape 0.92.2 dirilis hampir setengah tahun sejak 0.92.1, sangat lama bila dibandingkan dengan jarak peluncuran 0.92.1 dengan 0.92 yang hanya satu bulan karena perbaikan masalah kritis pada kompatibilitas berkas SVG.

Inkscape

Untuk rilis ini, para pengembang menyebutnya sebagai “lebih stabil dan kapabel” karena ia berisi banyak pembaruan fitur, perbaikan bug, dan regresi. Beberapa perbaikan yang dapat kami sebut di antaranya peningkatkan fitur seleksi warna fill dan stroke HSL, fitur impor/ekspor berkas EMF/WMF, dokumen PDF/PDF+Latex, berkas Visio Stencil, dan XML yang lebih baik, serta stabilitas yang makin baik saat menyimpan atau mengembalikan (revert) berkas. Khusus untuk sistem operasi Windows, kestabilan Inkscape 0.92.2 saat memproses pencetakan juga semakin oke.

Inkscape 0.92.2 juga hadir dengan fitur baru untuk mengatur alignment obyek dengan lebih cepat dan akurat, dan juga opsi CLI baru untuk memperbarui nilai DPI berkas serta kustomisasi shortcut yang lebih lengkap dengan karakter-karakter spesial.

Basis kode beralih ke GitLab

Rilis 0.92.2 ini juga menjadi rilis pertama setelah Inkscape beralih ke GitLab bulan Juni lalu. “GitLab dipilih sebagai ruang penyimpan repositori ini karena komitmen mereka terhadap open source. Perubahan ini adalah bagian penting untuk membuat Inkscape lebih mudah diakses oleh banyak pengembang yang ingin berkontribusi memperbaiki dan menambahkan fitur,” kata pengembang via inkscape.org.

Unduh Inkscape 0.92.2

Jika repositori distro GNU/Linux Anda belum menyediakan Inkscape namun mendukung PPA atau Flatpak, silakan instal melalui tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...