Jangan Khawatir, Meski Situs Desa OS Mati, Proyek Tetap Berjalan

Penasaran dengan perkembangan Desa OS, satu pekan terakhir ini saya coba mengakses laman resmi desaos.web.id. Namun sayang, laman tersebut sudah tidak bisa diakses meski domain-nya masih aktif hingga Mei 2017 besok.

Desa OS

Desa OS

Apakah proyek Desa OS memang mati?

Tidak. Anda tak perlu khawatir.

Kemarin ketua pengembang Desa OS, Razaqul Tegar, berbagi repositori Desa OS di grup Ubuntu Indonesia, sehingga calon pengguna tetap bisa mengunduh berkas ISO-nya meski tidak melalui laman desaos.web.id.

Untuk memastikan bahwa proyek Desa OS masih berjalan, saya ikut nimbrung di thread tersebut dan menanyakan apakah proyek Desa OS masih berjalan. Dan ternyata, memang masih berjalan. “Situsnya saja (yang mati), proyek masih berjalan,” tutur Wahyu Setiono menjawab pertanyaan saya.

Sekilas tentang Desa OS

Desa OS adalah distro hasil remaster Ubuntu yang dikembangkan oleh Gedhe Foundation. Distro ini cocok dipakai di lingkungan pemerintah desa, apalagi ia membawa aplikasi khas Sistem Komunikasi Antar Rakyat (SiKomAr) dan Sistem Informasi Desa (Sidesa).

Untuk mengakses berkas ISO Desa OS silakan kunjungi tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...

  • ngatur

    kayaknya proyek desa os sudah tidak berjalan loh

    • Ada sumber kuat mas? Soalnya, tidak ada sangkalan dari mas Razaqul.

      Kalau ada sumber kuat, nanti saya tambahkan info di berita ini. Terima kasih mas 🙂