Kandidat Rilis Kedua Devuan 1.0 Meluncur, Dukung Lebih Banyak Perangkat ARM

Devuan

Kabar asik bagi pengguna “Debian tanpa systemd” Devuan, pengembang baru saja meluncurkan Devuan 1.0 RC2 (kandidat rilis 2) hanya selisih dua pekan sejak kehadiran Devuan 1.0 RC1. Ini berarti, Devuan 1.0 final sudah semakin dekat.

“Hanya dua pekan pasca rilis Devuan Jessie 1.0.0 RC, kami gembira mengumumkan Devuan Jessie 1.0.0 RC2. Terima kasih atas umpan balik yang sangat baik dari komunitas, kandidat rilis ini merupakan langkah dekat menuju rilis stabil Devuan final dan sekaligus rilis LTS pertama kami,” tutur pengembang melalui devuan-announce.

Devuan 1.0 RC2 membawa pembenahan pada implementasi signing key, penambahan paket firmware free dan non-free di berkas ISO desktop-live dan minimal-live, serta fitur berupa skrip yang mengijinkan pengguna menghapus semua paket firmware non-free.

Devuan 1.0 RC2 juga telah berhasil menambahkan network-manager tanpa systemd, membawa versi anyar reportbug, desktop-base, xfce4-panel, dan membawa lebih banyak paket tanpa libsystemd0. Selain itu kandidat rilis kedua ini juga menghapus opsi desktop environment GNOME, KDE, dan Cinnamon dari tasksel, meski mereka tetap dapat dipasang melalui manajer paket.

Kabar menarik untuk pengguna ARM, Devuan 1.0 RC2 juga telah memperbarui dukungan 29 papan ARM, termasuk Acer Chromebook, Veyron/Rackchip, Raspberry Pi, Raspberry Pi 2, dan Raspberry Pi 3. Begitu juga dengan Olimex, Banana Pi, CHIP, Cubieboard, OrangePi, dan tablet-tablet berbasis Allwinner. Tentang perangkat terakhir, pengguna dapat meminta dukungan lebih banyak papan Allwinner melalui kanal IRC #devuan-arm.

Tidak sabar ingin mencoba? Kandidat rilis kedua Devuan 1.0 bisa Anda peroleh melalui devuan.org.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...