Kandidat Rilis Terakhir FreeBSD 11.1 Meluncur, Versi Final Hadir 26 Juli 2017

FreeBSD

Waktunya kandidat rilis FreeBSD 11.1 baru!

Sudah dua kandidat rilis FreeBSD 11.1 yang diunggah oleh pengembang dua pekan terakhir, sekarang giliran kandidat rilis ketiga (RC3) yang menyapa pengguna sebagai kandidat rilis terakhir sebelum FreeBSD 11.1 final diluncurkan 26 Juli 2017 esok.

Jika kita menelusuri pembaruan dari Beta1 sampai RC2, terasa wajar kalau kita tidak menemukan pembaruan mayor, menyusul FreeBSD 11.1 sendiri “hanyalah” rilis minor dari FreeBSD 11, termasuk FreeBSD 11.1-RC3 ini yang telah menambahkan pemberitahuan pengusangan pada gdb(1), kgdb(1), sicontrol(8), wlconfig(8). Tepat di FreeBSD 12 besok, driver-driver tersebut akan resmi dihapus.

FreeBSD 11.1-RC3 juga telah membenahi perilaku truncate di runtime linker, membenahi penandatangan (signature) pthread(3), galat penghentian loop pada vm_map_find_min(), perubahan struct vm_map_entry, memperbaiki controller Intel SDHCI/eMMC, den membenahi servis Heimdal KDC-REP. Bhyve(4) di versi ini pun sekarang memiliki dukungan Capsicum.

Sesuai pernyataan di atas, ini merupakan kandidat rilis terakhir, mulai hari Jumat 21 Juli, pengembang akan membangun ISO FreeBSD 11.1 final, dan kemungkinan di hari itu juga pengembang bakal mengunggah ISO ke repositori resmi. Namun, Anda jangan terburu-buru untuk menginstalnya, selama satu pekan setelah itu, ISO akan terus diuji sebelum ia resmi diumumkan pada tanggal 26 Juli.

Tertarik melihat pembaruan yang ada di FreeBSD 11.1 nanti? Silakan rujuk laman catatan rilis, dan jika ingin ikut mengujinya, silakan unduh ISO melalui tautan ini atau citra virtualnya di tautan ini.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...