KDE Applications 17.04 Hadirkan K3b dan Perbarui Banyak Aplikasi

KDE Applications

Kemarin (20/4), pengembang KDE merilis KDE Applications 17.04. Ini merupakan versi baru yang dikembangkan selama satu bulan lebih.

“KDE Applications 17.04 di sini. Secara keseluruhan, kami telah membuat aplikasi-aplikasi dan pustaka-pustaka semakin stabil dan mudah dipakai. Dengan cara memperbaiki beberapa masalah dan mendengar umpan balik Anda, kami telah menjadikan KDE Applications lebih tahan banting dan lebih ramah,” tutur KDE lewat laman pengumuman KDE Applications.

Perbarui KAlgebra, Kdenlive, dan Dolphin

Satu pembaruan mencolok di versi ini adalah kehadiran aplikasi untuk mem-burn berkas ke CD/DVD dll, K3b.

Di samping itu, KDE Applications 17.04 berhasil mem-port aplikasi KAlgebra ke Kirigami 2.0, sehingga ia menjadi aplikasi konvergen (aplikasi yang mampu berjalan di desktop dan mobile sekaligus). Untuk versi desktop, pengembang juga telah mengalihkan back-end 3D KAlgebra ke GLES.

Aplikasi lain yang mendapatkan pembaruan adalah Kdenlive, editor video unggulan KDE. Kdenlive 17.04 membawa desain baru pada dialog seleksi profil sehingga Anda semakin dimudahkan ketika ingin mengatur ukuran layar, framerate, dll. Bahkan, Anda juga bisa menjalankan video langsung dari notifikasi ketika proses perenderan selesai. “Beberapa crash yang terjadi saat menggerakkan clip di timeline sudah diperbaiki, dan DVD Wizard juga sudah diperbarui,” tambahnya.

Manajer berkas Dolphin pun mendapatkan pembaruan, di antaranya pada menu konteks di panel Places serta tooltips yang kini mendukung Wayland. Perkakas pengelola berkas arsip, Ark, sekarang memiliki fungsi Search serta Minuet yang membawa Test mode, sebagai mode untuk latihan para pengguna.

Selain itu, KDE Applications 17.04 juga membawa pembaruan Okular, Akonadi, Kontact, KCachegrind, dan Kajongg.

Cepat atau lambat, KDE Applications 17.04 akan hadir di distro GNU/Linux Anda. Jadi harap bersabar ya! 😉

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...