KDE Plasma 5.11 Final, Hadirkan System Settings Anyar dan Dukungan Wayland yang Makin Bagus

Kejutan!

Kabar bagus buat pengguna KDE Plasma, KDE baru saja meluncurkan rilis mayor anyar KDE Plasma 5.11, yang beberapa kali kami kabarkan ketika masih dalam proses pengembangan.

Sebagai rilis mayor, tentu saja ia menghadirkan banyak fitur baru. “Hari ini (10/10) KDE menerbitkan rilis fitur Plasma (di) musim gugur. Plasma 5.11 menyediakan hasil desain ulang pengaturan aplikasi, peningkatan notifikasi, dan task manager yang lebih powerful. Plasma 5.11 merupakan rilis pertama yang berisi (perkakas) baru ‘Vault’, sebuah sistem yang mengizinkan pengguna mengenkripsi dan membuka dokumen dengan cara aman dan ramah pengguna, menjadikan Plasma sebagai pilihan keren untuk orang-orang yang menyimpan informasi privat dan rahasia.”

Desain System Settings baru

Desain System Settings KDE Plasma 5 sekarang lebih segar. Sebagai catatan, System Settings yang dimaksud bukan seperti mockup dari Andi Tosan.

KDE System Settings
Figure 1. KDE System Settings baru (kde.org)

Perangkat lunak ini memiliki antarmuka yang lebih mudah diakses oleh pengguna. Pengembang menegaskan, segala pengaturan yang terlihat kompleks, dengan perkakas anyar ini, pengaturan menjadi terasa lebih mudah dilakukan. Bagi yang belum dapat beranjak ke antarmuka baru ini, KDE System Settings pun membawa opsi untuk mengembalikan ikon dan tree views lawas.

Riwayat notifikasi (Notification History)

Ini merupakan fitur yang diminta oleh banyak pengguna. Simpelnya, ia mampu menyimpan notifikasi yang sudah kedaluarsa atau yang terlewat (tidak sempat diperhatikan oleh penggguna).

Task Manager yang lebih mantap

Fitur Task Manager KDE Plasma 5.11 memperkenankan aplikasi memiliki aksi jump list dinamis. Misalnya, jika kita sedang mengetik teks menggunakan aplikasi editor teks Kate, klik kanan pada taskbar aplikasi akan menampilkan/memilih sesi aktif editor teks.

Perkakas Plasma Vault

Sempat disinggung di atas, Plasma Vault adalah fitur untuk mengenkripsi/mendekripsi berkas atau direktori pada desktop environment ini dengan sangat mudah. Cocok untuk pengguna yang ingin menyimpan berkas pribadi atau berkas rahasia.

Menu App Launcher

Pembaruan juga dapat ditemukan pada perkakas Menu App Launcher yang kini mampu menyembunyikan sidebar ketika pengguna tidak memiliki aplikasi favorit serta memperkenankan pengguna menentukan ikon aplikasi tertentu dari tema yang ikon yang sudah tersedia.

Dukungan Wayland yang lebih baik, Folder View yang lebih ciamik

Folder View kini memiliki fitur untuk melakukan Select All menggunakan Ctrl+A. Di sisi lain dukungan Wayland semakin baik, termasuk kemampuan penskalaan kepadatan piksel layar, penggunaan multi-monitor yang lebih nyaman, dukungan ConsoleKit2 sebagai alternatif systemd-logind untuk menggunakan sesi Wayland, dll.

Anda penggemar dan pengguna KDE Plasma 5? Tunggu beberapa saat sebelum ia hadir di repositori distro yang Anda pakai, terutama untuk distro khusus lingkungan KDE seperti KDE neon, Chakra Linux, atau KaOS.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...