KDE Plasma 5.12 Akan Jadi Rilis LTS Berikutnya

Tim pengembang desktop environment KDE Plasma belum lama ini mengadakan pertemuan. Salah satu hal alot yang didiskusikan adalah seputar rilis KDE Plasma LTS selanjutnya. Hingga artikel ini ditulis, desktop KDE Plasma memiliki dua edisi; edisi KDE Plasma 5.10 stable dan edisi KDE Plasma 5.8 LTS. Untuk LTS, versi terbarunya adalah KDE Plasma 5.8.7 LTS.

Dalam pertemuan ini, Jonathan Riddell pimpinan pengembangan KDE dan pemelihara KDE neon dkk memutuskan untuk menjadikan KDE Plasma 5.12 sebagai rilis Long Term Support berikutnya, melanjutkan KDE Plasma 5.8 LTS.

“Tim Plasma memiliki 2,5 jam pertemuan untuk mendiskusikan beberapa aspek rilis Plasma selanjutnya. Kebanyakan debat ada pada penentuan LTS dan kami putuskan pada Plasma 5.12 (sebagai rilis LTS selanjutnya -pen) bulan Januari,” kata Riddell melalui blognya.

Salah satu pertimbangan mengapa mereka menentukan KDE Plasma 5.12 adalah karena permintaan proyek openSUSE yang akan menjadikan versi tersebut sebagai desktop default di peluncuran rilis mayor Leap nanti.

Kemungkinan, KDE Plasma 5.12 akan menggunakan Qt 5.9 sebagai framework-nya dan digadang-gadang akan dipelihara paling tidak selama 2 tahun. Layaknya KDE Plasma 5.8 LTS, KDE Plasma 5.12 akan menggunakan jadwal rilis Fibonacci. Kabar kurang bagus buat penggemar Wayland, rilis LTS berikutnya ini tak akan membawa pembaruan Wayland pada Plasma Workspace. “Kami juga melarang fitur-fitur baru yang mungkin memengaruhi port Wayland kecuali mereka (fitur baru -pen) sudah fungsional di Wayland,” tambah Riddell.

Untuk saat ini, pengembang akan fokus dengan rilis KDE Plasma 5.11 yang akan hadir 21 September 2017 besok sambil terus memelihara KDE Plasma 5.8 LTS.

Bagikan:

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...