KDE Plasma 5.12 Tuntaskan Dukungan Wayland, Harap Pengembang

Bagi penggemar desktop environment kekinian, kekurangan desktop KDE Plasma yang cukup mencolok adalah dukungannya pada Wayland yang belum paripurna. Pernyataan ini mungkin agak terasa “menyerang” pengguna KDE Plasma, tetapi percayalah, saya tak bermaksud begitu mengingat tak banyak pengguna yang tergesa-gesa ingin menggunakan Wayland sebagai lingkungan komputasi sehari-hari.

KDE Plasma

Selain karena alasan di atas, untuk “menyaingi” GNOME on Wayland, pengembang KDE mulai fokus meningkatkan dukungan Wayland. Akhir bulan September, Martin Flöser menggagas proyek XFree KWin, proyek untuk segera membebaskan window manager/kompositor KWin dari komponen X dan totalitas mendukung Wayland.

Dalam pos terbaru melalui milist plasma-devel berjudul let’s get Wayland ready!, Martin mengajak para pengembang untuk menggunakan Wayland sebagai lingkungan komputasi sehari-hari sehingga jika ada bug agar cepat terdeteksi dan diperbaiki.

“Dua minggu terakhir saya melihat dua pos blog oleh dua anggota Plasma berbeda yang menampilkan tangkapan layar (Plasma) dengan X. Hal ini cukup mengecewakan. Saya harap kita semua menjalankan Wayland dan menyelesaikan dukungannya untuk para pengguna kita,” ajak Martin.

Rencana Martin, siklus rilis KDE Plasma 5.12 dipakai untuk menuntaskan dukungan display server kekinian ini.

“Jadi saya ingin kalian semua mulai mengembangkan apapun di Wayland. Gunakan perangkat tersebut sebagai driver harian. Gunakan itu untuk bekerja, bermain game, berselancar, dan apapun yang bisa Anda lakukan di sana,” tambah Martin. “Jika kita semua menggunakan Wayland dan melaporkan maupun memperbaiki bug yang ditemukan, saya yakin 5.12 akan menjadi rilis menakjubkan pada Wayland.”

KDE Plasma 5.12 merupakan rilis LTS yang akan hadir awal tahun 2018 dan bakal keren jika dukungan Wayland tuntas di rilis tersebut. Anda pengguna KDE Plasma? Apakah tertarik ikut berkontribusi menguji Wayland pada desktop environment ini?

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...