LXQt 0.12.0 Meluncur, Pecah Komponen Lxqt-common, Tingkatkan Dukungan HiDPI

Tim pengembang desktop environment LXDE generasi baru, LXQt, mengumumkan rilis anyar LXQt 0.12.0. Pengembangan desktop environment ini memang relatif lambat, tetapi pasti. Rilis ini pun merupakan rilis yang ditunggu-tunggu dan sebelumnya memang sudah diprediksi akan hadir sekitaran akhir tahun ini.

LXQt

“Tim LXQt dengan bangga mengumumkan rilis LXQt 0.12.0, desktop environment (berbasis) Qt yang ringan,” tulis pengembang via pos pengumuman di lxqt.org. “Tim LXQt bekerja keras menuju LXQt 1.0.0. Ingin membantu kami? Anda menemukan banyak bug? Tolong isikan laporan bug dan pull request di pelacak GitHub kami: https://github.com/lxde/lxqt/issues.”

Fitur anyar yang paling disorot di rilis 0.12.0 adalah dialog Open/Save File yang lebih segar dengan dilengkapi fitur seperti pada manajer berkas pcmanfm-qt, dukungan tampilan HiDPI yang semakin baik, dan komponen baru lxqt-theme. Selain itu, LXQt 0.12.0 juga mendukung tema ikon dengan ekstensi KDE FollowsColorScheme dan meningkatkan fitur pengakhiran sesi dengan terlebih dahulu mematikan komponen-komponen LXQt yang diikuti dengan pembunuhan sesi oleh init.

Pembaruan lainnya, LXQt kini memanfaatkan data mime $XDG_CONFIG_HOME/mimeapps.list alih-alih $XDG_DATA_HOME/applications/mimeapps.list, meningkatkan fitur pengaturan notifikasi (lxqt-notificationd), mengoptimasi penggunaan menu-cache pada mainmenu, dll.

Rilis ini juga menjadi penanda dihapusnya komponen lxqt-common. Anda sudah membaca komponen baru lxqt-theme di atas? Yap, komponen yang dimaksud adalah salah satu pecahan dari lxqt-common.

“Dengan rilis ini kami menghapus lxqt-common, dan semua berkas dialihkan ke paket-paket yang cocok. Lxqt-themes telah dipisahkan ke dalam paket baru lxqt-theme,” jelasnya.

Libqtxdg 3.1.0, qterminal 0.8.0, lximage-qt 0.6.0 menyusul

Bersamaan dengan kehadiran LXQt 0.12.0, pustaka libqtxdg 3.1.0 hadir. Ia merupakan minimal versi pustaka yang perlu dipasang untuk lxqt-panel.

Untuk perkakas terminal Qterminal 0.8.0, ia telah meningkatkan dukungan UTF-8, meningkatkan penanganan kursor, font, escape sequence, HighDpiPixmaps pada layar 4K, dll. Sedangkan Lximage-qt 0.6.0 menambahkan fitur eksperimental untuk mengunggah gambar langsung ke Imgur dan Imageshack.

Ramdziana F Yustitianto

Ramdziana adalah seorang narablog, pecinta kode, penggemar open source, pengguna GNU/Linux, dan penggemar Sherlock Holmes. Ikuti akun Twitter/Sebangsa @ramdziana

You may also like...